13 Fakta Halloween

13 Fakta Halloween. Halloween yang dirayakan setiap 31 Oktober menjadi hal yang mungkin tidak biasa di Indonesia namun tetap mendunia. Meskipun tidak biasa dirayakan di Indonesia, namun tidak ada salahnya kamu mengetahui fakta-fakta Halloween berikut ini:

  1. Nama lain Halloween adalah Samhain atau All Hallows Eve. Ternyata tradisi ini merupakan tradisi dari Irlandia, namun dibawa oleh orang-orang Irlandia ke Amerika Utara.
  2. Sebenarnya saat perayaan Halloween tidak selalu diisi dengan kostum-kostum yang menyeramkan. Di beberapa negara, festival ini dirayakan dengan cara menghadiri ibadah gereja dan menyalakan lilin pada makam.
  3. Tradisi Halloween yang unik memakai kostum menyeramkan, merupakan budaya dari Celtic. Mereka percaya bahwa pada malam tersebut, arwah-arwah mengunjungi orang yang masih hidup.
  4. Merupakan sebuah hiasan dan simbol Halloween yang fenomenal. Jack-o’-Lantern adalah sebuah labu yang telah di modifikasi menjadi bentuk kepala dan memiliki wajah yang seram. Ada beberapa cerita tentang Jack-o’-Lantern, tetapi, yang paling masuk akal yaitu, Jack-o’-Lantern dibuat untuk dapat menjaga rumah warga dari para makhluk halus yang berkeliaran saat malam perayaan.
  5. Awalnya, Jack-o-Lanterns terbuat dari lobak. Kini labu adalah pilihan yang paling populer.
  6. Rekor dunia dimana Jack-o-Lantern dinyalakan secara bersamaan adalah sejumlah 30.128. Hal ini terjadi di Boston tahun 2005.
  7. Orange dan hitam merupakan warna khas Halloween. Orange berarti berakhirnya masa panen, hitam melambangkan kegelapan atau kematian
  8. Permainan ini selalu dimainkan oleh mereka yang berada di Amerika saat menyambut malam Halloween. Biasanya, para pemain adalah sekumpulan anak kecil yang akan berkeliling ke setiap rumah untuk meminta permen pada malam itu. Trick or Treat merupakan sebuah permainan jebakan. Trick or Treat mempunyai arti yaitu, jika tidak memberikan makanan/permen “Treat”, maka anak-anak tersebut akan menjahili pemilik rumah “Treat”.
  9. Kabarnya di beberapa belahan dunia, perayaan Halloween hampir sama meriahnya seperti perayaan tahun baru. Amerika & Jepang menjadi salah satu negara yang merayakan festival ini dengan meriah. Bahkan, festival ini menjadi perayaan terbesar nomor 3 di Amerika setelah perayaan tahun baru dan pesta olahraga Superbowl Sunday.
  10. Di beberapa kota Amerika, perayaan Halloween awalnya disebut Cabbage Night. Jika biasanya anak-anak melakukan trick-or-treating (berkeliling ke rumah-rumah dengan memakai kostum dan meminta permen), kebiasaan di Cabbage Night adalah melempar kubis ke rumah-rumah tetangga.
  11. Setiap tahun, penduduk Amerika menghabiskan 2 triliun dolar Amerika untuk membeli permen saat Halloween.
  12. Kostum Halloween yang paling banyak digunakan oleh orang dewasa di Amerika adalah kostum penyihir. Diikuti oleh hewan, superhero, perompak, zombie, dan vampir.
  13. Fobia terhadap Halloween disebut sebagai samhainophobia.