17 Fakta Google

17 Fakta Google. Siapa yang tidak kenal dengan Google? Mesin pencarian terbesar di internet yang akan mengantarkanmu menuju berbagai macam situs yang kamu cari. Di era digitalisasi saat ini kebanyakan orang mungkin sudah sangat fasih menggunakan Google. Namun, apakah kamu tahu beberapa fakta tentang Google ini?

1. Pada mulanya Google dinamai “BackRub”, mengacu pada sistem yang menggunakan backlink untuk menilai seberapa penting sebuah situs.

2. Nama Google sendiri diambil dari kata Googol yang pernah diucapkan oleh 2 orang anak perempuan bernama Milton Sirotta dan Edwin Sirotta ketika mereka sedang bermain-main.

3. Kantor pertama Google merupakan sebuah garasi yang terletak di California, AS. Garasi tersebut merupakan garasi rumah milik Susan Wojcicki yang sekarang menjadi CEO YouTube. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin baru berusia 24 tahun. Dan sekarang kantor Google terletak di Mountain View, California, AS.

4. Siapa sangka bahwa pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu secara tidak sengaja. Pada tahun 1995, Larry Page yang sedang menikmati liburannya secara tidak sengaja bertemu Sergey Brin yang bertugas sebagai tour guide-nya. Dalam pertemuan tersebut mereka banyak mendiskusikan banyak hal yang akhirnya menjadi awal berdirinya Google.

5. Ketika dua petinggi Google sedang berkuliah di Standford University, pengembangan algoritma pencari Google yang dikenal dengan PageRank, banyak mendapatkan bantuan dari pihak Universitas. Maka dari itu, sewaktu Larry Page mendapatkan paten pertama dari algoritma nya, Standford lah yang di dedikasikan sebagai pemiliknya. PageRank merupakan algoritma yang pertama tapi bukan satu – satunya algoritma yang digunakan oleh Google pada masa sekarang.

6. Alamat pertama Google di internet adalah Google.stanford.edu.

7. Setelah mereka berdua meninggalkan Universitas untuk mendirikan Google, Standford menerima 1,8 juta lembar saham dari Google sebagai ganti dari perizinan jangka panjang untuk paten tersebut. Sejak saat itu PageRank telah meraup lebih dari USD 337 juta untuk Standford, yang mana sudah lebih dari cukup untuk melantik dua petinggi tersebut ke dalam Inventor Hall of Frame milik Standford University.

8. Pasti tau dong apa itu Doodle? Doodle merupakan sebuah gambar yang mewakili hari atau event-event besar yang diterapkan pada logo Google. Bagi yang belum tahu, Doodle pertama dari Google adalah “The Burning Man Doodle”. Logo tersebut diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 untuk memberi tahu pengguna Google bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang keluar kantor untuk cuti.

9. Tidak seperti perusahaan-perusahaan lainnya, Google baru membuka Initial Public Offering pertamanya tanggal 19 Agustus 2004, padahal perusahaan ini didirikan pada tanggal 04 September 1998.

10. Hampir semua karyawan di Google disebut dengan nama Googler, sedangkan untuk para karyawan baru dengan sebutan Noogler.

11. Gmail. Gmail dirilis pada tanggal 16 Desember 2005, dan sekarang tersedia di lebih dari 50 bahasa. Ide membuat Gmail pertama kali diungkapkan oleh Rajen Sheth selama wawancara dengan Google, dan kemudian dikembangkan oleh Paul Buchhe. Awalnya klien email yang tersedia hanya digunakan oleh karyawan internal Google. Google mengumumkan Gmail untuk umum pada tanggal 1 April 2004 dengan memperkenalkan “Gmail Paper”, di mana pengguna bisa mengklik sebuah tombol dan Gmail akan mengirimkan sebuah kertas fotokopi email arsip yang didukung iklan gratis.

12. Google telah membeli sederet nama domain yang dianggap memiliki peluang untuk terpeleset (misspelings) dari nama ‘Google’. Domain yang diamankan tersebut antara lain Gooogle.com, Gogle.com, Googlr.com sampai 466453.com.

13. Sepanjang tahun 2014, Google telah mengakuisisi 24 perusahaan. Artinya, ada 3 perusahaan yang diambil dalam sebulan.

14. Berbicara tentang fakta menarik Google, tidak bisa terlepas dari pembelian perusahaan yang paling penting dan sangat berpengaruh, yakni Youtube. Singkatnya setelah transaksi senilai $1.65 miliar tersebut dilakukan, co-founder Youtube Steven Chen menerangkan bahwa eksekutif Google dan yahoo, pemilik lama Youtube, bertemu di sebuah tempat makan bernama Denny’s tepatnya di Palo Alto untuk melakukan negosiasi tersebut. Diskusi lanjutan mengenai ketentuan dan harga dibahas pada beberapa hari kedepan, yang berlangsung hanya dalam waktu seminggu.

15. Dipilihnya Denny’s sebagai tempat negosiasi dikarenakan lokasi tersebut cenderung netral sebab jarang didatangi oleh karyawan mereka & bukanlah tipikal tempat yang biasanya mereka kunjungi. CEO Google Eric Schmidt menjanjikan pendiri Youtube bahwa mereka akan mendapatkan sumber daya yang tidak terbatas jika mereka dapat menyediakan banyak pengguna aktif. Persetujuan pun akhirnya tercapai.

16. Twit Google di account resminya di Twitter adalah “I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010. In February 2004. Which is binary for I’m feeling lucky.”

17. Tombol “I’m feeling lucky” di Google adalah salah satu tombol besar dan terletak di posisi strategis yang amat sangat jarang digunakan.