5 Manfaat Melamun

5 Manfaat Melamun. Siapa sih yang ga pernah melamun? Kegiatan yang cenderung membuang-buang waktu dan terkesan malas ini ternyata memiliki manfaaat loh. Berikut ini 5 hal yang akan membuatmu merasa kalau melamun juga bermanfaat:

1. Menjadi lebih empati, open minded, dan pengertian

Hal ini seperti berusaha menggambarkan masa depan (dalam artian perilaku yang akan terjadi). Kamu bisa membayangkan sudut pandang menjadi lebih terasah. Hanya dengan kita mengenal seseorang, kita sudah mampu untuk berpikir dengan cara mereka. Seseorang menghabiskan setengah dari jam terjaga mereka untuk melamun. Jika kamu bisa melatih dirimu sendiri ketika sedang melamun untuk merenungkan apa yang sedang orang lain pikirkan atau rasakan, maka kamu akan mampu untuk mengubah interaksimu dengan orang lain dan membuat kesempatan baik untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar manusia.

 

2. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar

Melamun adalah salah satu jenis hipnotis tingkat rendah. Ketika melamun, kita merasa tingkat stress kita akan berkurang. Meskipun mungkin tidak mengangkat seluruh beban stress-mu, namun melamun terbukti menunjukkan dampak positif bagi kesehatan. Bukan itu saja, melamun juga mampu untuk membuat tidurmu lebih nyenyak, dan menghindarkan dirimu dari mimpi buruk. Baik kan untuk kesehatan?

 

3. Melatih otak untuk mengingat apa yang telah berlalu dan membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan

Menurut ahli syaraf Dr Muireann Irish, melamun adalah sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan beberapa fungsi otak. Karena hanya kita satu-satunya makhluk yang mampu melakukan kegiatan melamun seperti ini, maka melamun adalah kegiatan istimewa. Tentang apa yang kamu pikirkan ketika melamun sebenarnya adalah efek dari struktur fisik otakmu, yang mana secara konstan merubah respon terhadap informasi yang baru diterima.

 

4. Membuat pikiran menjadi lebih bahagia

Dengan melamun kamu akan membuat dirimu sendiri untuk lebih imajinatif, ceria, dan bahagia. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari melamun, kamu harus lebih membebaskan pikiran dan biarkan imajinasimu berkelana. Namun ketika kamu telah kembali ke alam sadar, usahakan untuk tetap mampu memilah antara apa yang selama ini menjadi bayangan dan apa yang selama ini menjadi kenyataan.

 

5. Membiarkan otak beristirahat

Ada dua sistem utama dari otak kita; bagian analisis yang bertugas untuk membuat keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati. Ketika kita terlibat dengan salah satu bagian otak, maka bagian yang lain tak akan mampu untuk saling mengimbangi. Dengan melamun, maka kedua bagian ini akan mampu bekerja dengan seimbang dan kita tidak akan merasa terlalu stres karena salah satu bagian otak kita bekerja terlalu keras.