5 Menara Ini Juga Miring Seperti Menara Pisa

5 Menara Ini Juga Miring Seperti Menara Pisa. Apa yang terlintas di pikiranmu kalau ada yang menyebut “Menara Miring”? Tentu akan teringat dengan Menara Pisa di Italia dong. Namun, selain Menara Pisa ada beberapa menara lainnya yang juga miring loh. Berikut menara-menara miring yang ada di dunia, di antaranya ialah:

1. Oude Kerk Tower: Delft, Belanda

Menara gereja di daerah Delft Belanda ini bernama asli “St. Bartholomew’s Church”. Menara ini miring karena faktor konstruksinya, di mana fondasinya tidak kuat menahan menara dan gereja. Ditambah lagi menara yang dibangun pada abad ke 14 ini juga menyangga sebuah bel seberat 9 ton.

2. Soyembika Tower: Kazan, Rusia

Menara yang disebut “Khan’s Mosque” ini sangat terkenal di Rusia. Menurut legenda, menara yang dibangun pada abad ke 16 ini mengalami kemiringan karena sang ratu Kazan saat itu lebih memilih bunuh diri daripada ditangkap kaisar Ivan The Terribel yang menyerang kota Kazan.

3. Church of Our Dear Ladies Tower: Frankenhausen, Jerman

Menara berciri khas Jerman ini adalah sebuah menara lonceng gereja yang dibangun pada abad ke 14. Karena usia bangunan yang sudah terlalu tua, akhirnya gereja ini tidak digunakan lagi. Alasan lainnya ialah karena semakin miringnya menara gereja yang dianggap dapat membahayakan orang.

Kabarnya kemiringan menara ini melebihi kemiringan menara Pisa. Bahkan karena dianggap terlalu berbahaya, menara ini pernah mau diruntuhkan, tapi untungnya rencana itu berhasil digagalkan oleh para pencinta sejarah di kota tersebut.

4. Garisenda Tower: Bologna, Italia

Dua menara yang ada di kota Bologna ini, salah satunya miring. Menara yang paling tinggi disebut “Asinelli” sedangkan yang lebih rendah disebut “Garisenda”. Menara Garisenda inilah yang mengalami kemiringan.

Nama menara ini diambil dari keluarga yang mendanai pembangunan menara tersebut yang mulai dibangun pada tahun 1109 dan baru selesai pada tahun 1119. Menara ini cukup terkenal di Italia, di mana menara ini pernah disebut dalam novel terkenal “Divine Comedy” karya Dante.

Ketinggian asli menara Garisenda adalah 60 meter, tapi akibat kemiringannya sekarang tingginya hanya mencapai 48 meter saja.

5. Tiger Hill Pagoda: Suzhou, Tiongkok

Tiger Hill Pagoda atau oleh warga setempat disebut “Yunyan Pagoda” atau “Huqiu Tower” merupakan sebuah pagoda yang berada di sebelah tenggara Tiongkok, tepatnya di kota Suzhou, Provinsi Jiangsu.

Pagoda yang dijuluki “Menara Miring China” ini, mulai dibangun pada tahun 907 masehi oleh dinasti Wuyue dan baru selesai pada tahun 961 masehi oleh dinasti Song.

Pagoda ini berbentuk oktagonal, memiliki tinggi 47 meter dan 7 lantai. Karena usia bangunan yang sudah mencapai ribuan tahun, akhirnya dua penyangganya mengalami keretakan yang mengakibatkan menara ini miring 3 derajat.