5 Negara Ini Melarang Tongsis

5 Negara Ini Melarang Tongsis. 5 Negara Ini Melarang Tongsis. Istilah Tongsis datang dari kepanjangannya “Tongkat Narsis”. Tongsis merupakan alat beropa tongkatyang dapat dipanjang pendekkan (disesuaikan tergantung kebutuhan) dan di ujungnya dapat dipasang ponsel.

Bagi para penggemar swafoto (selfie), tongsis sangat membantu ketika kamu ingin mengabadikan gambarmu dengan latar belakang, namun kamu tidak punya teman yang dimintai tolong. Kalau selama ini swafoto terbatas dengan panjang tanganmu, sehingga membuat sulit untuk menangkap latar belakang, hadirnya tongsis membantumu dalam menyempurnakan latar belakang tersebut. Namun, bagi kamu yang sudah terbiasa dan nyaman menggunakan alat ini, kamu perlu mengetahui bahwa di beberapa negara penggunaan tongsis dilarang loh karena mengganggu.

1. Korea Selatan

Korea Selatan telah melarang penggunaan tongsis, tapi hanya untuk merek tertentu karena dinilai bisa menyebabkan alat elektronik lainnya tidak berfungsi. Negri Gingseng ini memberlakukan sertifikat uji kelayakan tongsis, bila kedapatan menggunakan tongsis tanpa sertifikasi resmi dari negara tersebut, yang manabagi mereka yang menjual, memproduksi atau mengimpor alat komunikasi tanpa otentikasi, diancam kena denda sampai 30.000 dolar atau hukuman penjara maksimal tiga tahun.

2. Jepang

Di Jepang penggunaan sosial media dan smartphone juga meningkat pesat. Untuk mengantisipasi bahaya yang mengancam, perusahaan kereta railway terutama untuk wilayah barat seperti Osaka dan kota-kota besar lainnya melarang penggunaan tongsis atau yang dikenal dengan selfie stick di hampir 2.000 stasiun kereta termasuk di shinkansen. Alasannya adalah  tongsis ini dikhawatirkan bisa menyangkut di kabel-kabel yang dipasang di atap stasiun, atau bisa juga terjadi gangguan kelistrikan karena posisi smartphone yang dekat dengan kabel. Alasan yang kedua adalah ditakutkan pengguna selfie stick akan mengganggu pengguna stasiun lainnya atau bisa juga terjadi kecelakaan karena terlalu fokus mencari angle foto yang bagus.

3. Inggris

Tepatnya London yang menerapkan aturan dilarang menggunakan tongsis terutama untuk tempat-tempat tertentu. Beberapa stadion sudah melarang penggunaan tongsis karena dianggap sama berbahayanya dengan pisau lipat. Stadion seperti O2 Arena, Wembley, dan Brixton Academy melarangnya karena bisa mengganggu penonton konser lainnya. Kamu pasti dapat membayangkan dong ketika kamu nonton konser, bukannya menikmati dan melihat idola kesayanganmu, tapi kamu justru harus melihat pemandangan tongkat-tongkat di depanmu.

Pengelola beberapa tempat yang ada di London ini akan mengecek para pengunjung yang datang dengan membawa tongsis secara ketat.

Sejumlah tempat wisata seperti Tower of London, National Gallery, Buckingham Palace, the Roundhouse, St. Paul’s Cathedral, Stamford Bridge, Emirates Stadium, Westminster Abbey dan Royal Opera House juga telah melarang penggunaan tongsis. Sebelum masuk ke tempat ini.

4. Amerika Serikat

Banyak museum di New York, Amerika, yang telah melarang penggunaan tongsis. Sebut saja the Met, MOMA, Brooklyn Museum, Cooper Hewitt Museum, Guggenheim Museum, the Frick, the Whitney, dan American Museum of Natural History.

Sedangkan di seluruh penjuru Amerika, tempat-tempat yang telah melarang penggunaan tongsis adalah Smithsonian museums di Washington D.C, the Art Institute of Chicago, the Getty Center di Los Angeles, the Cleveland Museum of Art, the Carnegie Museums of Pittsburgh, the Blanton Museum of Art diAustin, the Perot Museum of Nature and Science di Dallas, the Museum of Fine Arts di Boston, Detroit Institute of the Arts, dan the Seattle Art Museum.

5. Prancis

Salah satu pantai di selatan Perancis, Garoupe berniat mempertahankan statusnya sebagai “No Braggies Zone.” Garoupe menyatakan kalau swafoto merusak pengalaman orang lain yang ingin menikmati keindahan alam dan bukannya menghabiskan waktu untuk pamer. Untuk ini Garoupe telah bermitra dengan jaringan selular Three untuk membuat area anti spam, serta membentuk patroli oleh polisi Spam Holiday.

Kalau di Indonesia, tempat-tempat mana yah yang sudah melarang? Atau justru dibiarkan bebas saja karena banyaknya peminat swafoto?