5 Negara Maju Lakukan Hal Ini Guna Atasi Banjir

5 Negara Maju Lakukan Hal Ini Guna Atasi Banjir. Cuaca saat ini sedang tidak menentu. Salah satu hal yang terjadi ialah ketika musim penghujan datang dan berbuah banjir di sejumlah tempat. Salah satu sorotannya ialah di ibu kota, Jakarta. Masalah ini terus menerus menjadi PR menahun yang sebenarnya tidak hanya untuk pemerintah namun juga semua lapisan masyarakat.

Sebetulnya fenomena banjir sendiri tidak hanya bermasalah di Indonesia loh. Faktanya, masih banyak juga negara di luar sana yang mengalami banjir, tanpa terkecuali untuk negara maju seperti Amerika Serikat.

Lain tempat lain juga cara antisipasinya. Untuk mencegah agar tidak terulang kembali, beberapa negara maju mencoba melakukan berbagai cara yang tidak main-main. Berikut hal yang dilakukan 5 negara maju untuk atasi banjir:

1. The MOSE Project, Venice, Italia.

MOSE merupakan singkatan dari Modulo Sprementale Elettromeccanico yang menggunakan sistem mobile.

2. The Sunset Harbor Street Program, Miami Beach, Amerika Serikat.

Proyek ini memang sengaja dibuat untuk mencegah kenaikan level air laut yang menyebabkan banjir.

3. Scheveningen Boulevard Coastal Barrier, The Hague, Belanda.

Proyek ini dinilai sebagai pencegahan banjir yang keren. Pasalnya, selain untuk keamanan, proyek ini juga mengintegrasikan destinasi yang unik.

4. Japan Seawall, Jepang.

Bukan hanya banjir, proyek ini juga dirancang untuk antisipasi tsunami. Itulah mengapa namanya seawall. Meskipun begitu, proyek ini masih proses dan belum rampung.

5. Saemangeum Seawall, Gunsan, South Korea.

Proyek ini selesai pada 2010. Karena besarnya, proyek ini dijuluki Tembok Besar di Lautan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *