7 Profesi Yang Tidak Pernah Kamu Bayangkan

7 Profesi Yang Tidak Pernah Kamu Bayangkan. Apa yang kamu bayangkan ketika kecil kamu diminta untuk menyebutkan cita-cita atau profesi impian? Kebanyakan tidak jauh dari dokter, polisi, guru, astronot, arsitek, dan sebagainya. Namun kenyataannya profesi sangatlah banyak sekali di dunia ini. Semakin kemari, banyak pula profesi yang mungkin tidak pernah terbayangkan ada di benakmu. Seperti halnya profesi-profesi ini.

1. Pemindah Gunung Es

Setelah tragedi Titanic pada tahun 1912, sekelompok negara Amerika Utara dan Eropa mendirikan Patroli Es Internasional (IIP) untuk mencegah insiden lebih lanjut. IIP yang memanfaatkan data yang dikumpulkan dari satelit, radar dan pesawat terbang untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat maritim mengenai lokasi gunung es dan jalan memutar yang aman untuk menghindari mereka.

Informasi IIP sangat penting untuk industri kontraktor manajemen es yang dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan minyak untuk berjaga-jaga atas platform minyak mereka. Diperkirakan 20.000 sampai 40.000 gunung es tahun – bagian besar dari gletser Greenland – naik dengan arus ke Atlantik Utara, di mana mereka menjadi potensi bahaya untuk instalasi minyak lepas pantai Newfoundland. Para kontraktor manajemen es tetap menutup mata pada gunung es di sekitar umum struktur alat pembor minyak. Ketika gunung es diidentifikasi sebagai ancaman langsung, itu kemudian ditarik keluar dari wilayah oleh kontraktor, menggunakan jangkar khusus menangani pasokan kapal tunda.

Kontraktor ini menggunakan tali derek delapan inci dan diameter hingga 1/4 mil panjang untuk menarik gunung es besar. Tali derek melekat pelampung dan lingkaran kapal menarik gunung es, sementara perawatan diambil untuk menjaga jarak dari 650 kaki atau lebih dari gunung es. Setelah Penalian selesai, tali kemudian melekat pada kabel derek. Antara 1/2 dan 3/4 mil dari ruang disimpan antara kapal dan gunung es untuk menghindari bencana jika gunung es membalik selama operasi. Jika sebuah gunung es membalik selama tarikan, dapat mengiris melalui perahu, serta menyebabkan laut kasar karena gelombang yang dihasilkan setelah jatuh. Penarik gunung es bisa memakan waktu hingga 72 jam, sebagai perahu kebutuhan di lingkungan sepuluh jam untuk mencapai kecepatan hanya satu mil laut (6.076 kaki) per jam.

2. Penonton Cat Kering

Profesi menonton cat kering terdengar seperti pekerjaan yang paling membosankan di dunia, tapi itu sebenarnya jauh lebih menarik daripada yang kamu mungkin pikirkan.

Selama empat tahun terakhir, Dr Thomas Curwen telah bekerja untuk perusahaan cat internasional Dulux untuk menonton cat kering. Curwen merupakan seorang ilmuwan dari Twyford, Berkshire. Ia diharuskan mengamati perubahan warna dan partikel cat karena mengering – baik di dinding maupun di bawah mikroskop. Ini adalah pekerjaan yang cukup penting, karena memastikan bahwa cat yang tahan lama dan tidak jatuh pada sedikit sentuhan.

3. Penguji Aroma

Deskripsi pekerjaannya adalah membaui ketiak, nafas, kaki orang dan kotoran kucing. Para penguji ini harus merangking baunya dari skala 1 sampai 10 dan butuh membaui ratusan macam aroma. Tenang saja, gak cuma aroma gak enak kok. Banyak perusahaan parfum mempekerjakan ilmuan untuk menentukan mana yang wanginya nikmat. Rentang gajinya berkisar dari US$ 19.000 sampai US$ 52.000 atau Rp 252 juta sampai Rp 691 juta per tahun.

4. Jasa Pelayat Profesional

Mereka ini bertugas menghadiri pemakaman dan berduka untuk mendiang. Nah, jasa pelayat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 900 ribu per dua jamnya.

5. Pencicip Makanan Hewan Peliharaan

Pencicip makanan hewan akan mencoba produk makanan hewan peliharaan dan mengevaluasi kandungan nutrisinya. Dengan kata lain, seseorang memang harus memastikan bahwa anjing atau kucing sebuah keluarga tidak mengonsumsi makanan yang menjijikkan. Para pencicip akan memeriksa rasa dan aromanya dan mereka harus mengenal betul apa yang disukai hewan peliharaan yang bersangkutan. Bayarannya juga lumayan — seorang pencicip berpengalaman bisa mendapat bayaran sebesar US$ 75.000 atau sekitar Rp 997 juta per tahun. Cari saja lowongan pekerjaan ini di perusahaan manufaktur makanan hewan peliharaan.

6. Pengantre Profesional

Para pengantre profesional diminta untuk mengantri mulai dari tiket nonton, tiket pertunjukan, konser, antrian barang-barang gratis atau sample, hingga antrian di sebuah restoran yang penuh dan biasa memiliki waiting list. Meski cuma mengantre doang, penghasilan pengantre profesional bisa mencapai Rp 13 juta per minggu loh!

7. Hitchhikers Profesional

Profesi ini terkenal di Indonesia, khususnya di ibukota Indonesia, Jakarta. Biasanya sopir yang membantu hitchhikers dengan menawarkan tumpangan, tapi di ibukota Indonesia ini, itu adalah sebaliknya. Hitchhikers profesional atau biasa dikenal dengan sebutan “joki” dibayar untuk naik di mobil orang asing dan membantu mereka mencapai tujuan mereka lebih cepat. Karena di Jakarta banyak jalan-jalan 3 in 1 (di mana satu mobil harus terisi minimal 3 orang pada jam-jam tertentu dan di tempat-tempat tertentu).

Di negara di mana kebanyakan orang hidup dengan kurang dari satu dolar sehari, hitchhiker profesional ini dapat memperoleh hingga Rp 80.626 untuk beberapa jam berpura-pura menjadi seseorang karyawan, anak atau teman. Ibu dengan bayi memiliki keuntungan dalam persaingan karena mereka dihitung sebagai dua orang dan tidak terlalu mengambil banyak ruang. Namun beberapa orang seringkali menyalahgunakan dan menyimpangkan pekerjaan joki ini.