9 Desain Sekolah Unik di Dunia

9 Desain Sekolah Unik di Dunia. Berbicara tentang sekolah, tentu terkait dengan bangunan sekolah. Sekolah merupakan fasilitas belajar bagi siswa/i. Pernahkah kamu terpikirkan penyebab kamu yang mungkin enggan ke sekolah ialah karena sekolah terasa membosankan? Hal ini mungkin yang jadi pertimbangan para arsitektur untuk memberikan terobosan menarik melalui desain sekolah. Kalaupun kurang tertarik belajar karena mata pelajarannya tidak kamu sukai, setidaknya pemandangan sekolahmu cukup menyegarkan mata karena lain daripada yang lain. Berikut beberapa desain sekolah unik yang ada di dunia. Bukan cuma di luar negeri saja kok, di Indonesia pun ada loh.

1. Orestad High School, Copenhagen

Bangunan unik tidak harus selalu terkesan klasik. Contohnya Orestad High School yang punya gedung seperti hotel dengan hiasan warna bermacam-macam di bagian luarnya. Ga cuma bagian luar loh, desain dalamnya ga kalah menarik.

Orestad High School merupakan sekolah bergengsi dan termasuk sekolah mewah di Denmark. Selain karena biayanya yang relatif mahal untuk masuk ke sana, sekolah ini memiliki desain dan fasilitas yang memadai untuk siswa yang belajar di sana. Sekolah ini didirikan tahun 2005 di mana desain sekolah ini dibuat semuanya dari kaca. Tujuannya agar ruangan ini mendapatkan sinar matahari yang bagus untuk kesehatan. Terdapat empat arena belajar dan juga ruangan yang nyaman untuk siswa bersantai di sekolah ini, di mana ruangan santai ini dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan akses internet yang cepat.

2. Wolfartsweier Kindergarden, Jerman

Taman kanak-kanak yang dibangun pada tahun 2011 oleh arsitek Tomi Ungerer dan d’Ayla-Suzan Yöndel ini terletak di Jerman dengan bentuk kucing raksasa. Bangunan ini dirancang seolah anak-anak masuk ke dalam badan kucing. Bentuk perut pada bangunan ini berfungsi sebagai ruang kelas, ruang makan, dan dapur. Kedua kaki dan cakar di depan sebagai arena bermain. Mata merupakan jendela ruang utama yang terlentak di lantai dua, sedangkan rumput di atas atap disamakan dengan bulu kucing. Lalu di bagian ekor, terdapat permainan sliding.

3. Oppenheim’s Miami-Dade College Campus, Miami

Oppenheim’s Miami Dade College Campus merupakan sebuah project yang dilakukan oleh salah satu arsitek Chad Oppenheim yang bekerja sama dengan sektor swasta untuk membangun suatu fasilitas umum. Fasilitas yang diperuntukkan untuk masyarakat miami ini menggabungkan konsep dimana fasilitas pendidikan, departement store, olahraga, dan asrama bagi siswa terdapat dalam satu bangunan yang sama.

4. Nueva School di Bay Meadows, California

Sekolah ini memberikan akses pembelajaran di luar kelas kepada muridnya. Selain perpustakaan dan ruang terbuka yang disediakan sekolah, mereka juga bisa melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada di sekolah ini juga bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat.

5. Arcadia University, Pennsylvania

Kampus ini ada di Glenside, Amerika Serikat. Salah satu yang bikin kampus ini terkenal adalah kehadiran bangunan unik yaitu gedung Grey Towers Castle.

Universitas dengan desain kastil ini dibangun pada tahun 1898. Universitas ini sebenarnya merupakan kastil yang dimiliki oleh William Welsh Harrison dan diakuisisi oleh pihak universitas tahun 1929. Dahulunya kastil ini memiliki beberapa ruangan rahasia yang dihubungkan dengan terowongan-terowongan rahasia dan ruangan bawah tanah. Namun, karena saat ini berfungsi sebagai universitas ruangan-ruangan tersebut digunakan sebagai ruangan belajar, perpustakaan, kantor rektorat dan asrama siswa.

6. Mode Gakuen Spiral Towers, Jepang

Sekolah ini merupakan sekolah desain yang dibangun tahun 1966 oleh perusahaan Nikkei Sekei. Sekolah yang memiliki 3 jurusan yaitu sekolah fashion desaign, komputer dan kedokteran ini memiliki bentuk yang unik seperti spiral. Bangunan dengan tinggi 170 meter ini memiliki 36 lantai. Selain itu, bangunan ini menggunakan tekhnologi yang ramah lingkungan seperti Double-Glazed Air Flow yang bertujuan untuk menyerap panas yang masuk ke dalam gedung serta penggunaan ventilasi udara secara alami.

7. Fuji Kindergarten, Tokyo, Jepang

Sekolah ini mempunyai ruang outdoor yang sangat cukup untuk mengeksplorasi kemampuan siswa. Pembelajaran lebih ditekankan di luar kelas. Maka tak heran jika mereka bisa bermain asyik di ruang terbuka.

8. Nanyang University, Singapura

Siapa yang tidak mengenali Nanyang University Singapura. Nanyang sendiri didirikan tahun 1991 dan sudah banyak pengakuan internasional yang diperolehnya sebagai universitas teknologi terbaik. Universitas yang menduduki peringkat 20 besar peringkat terbaik ini, memiliki struktur bangunan yang unik. Pada bagian atap terdapat arena terbuka dan hijau untuk bisa digunakan oleh para mahasiswanya dan staffnya untuk beristirahat. Selain itu arena hijau ini berfungsi sebagai penadah air hujan, pendingin udara di sekitar dan sebagai pelindung dari bangunan.

Banyak yang mengatakan jika sekolah tak perlu menerapkan konsep fullcolor karena akan mengalihkan konsentrasi siswa. Namun kenyataannya dengan banyak warna ternyata akan lebih merangsang saraf siswa karena ingkungan belajar menjadi lebih menarik. Hal tersebutlah yang juga diusung oleh Nanyang University.

9. Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang

Ga cuma di luar negeri aja yang memiliki desain sekolah yang unik. Di Indonesia juga ada, yaitu di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang. Desain kampus ini berbentuk mirip kapsul (ada juga yang bilang mirip kepompong). Gedung berdesain unik ini merupakan gedung New Media Tower, salah satu bangunan di Universitas Multimedia Nusantara.