9 Nama Bola yang Digunakan Piala Dunia Sebelumnya

9 Nama Bola yang Digunakan Piala Dunia Sebelumnya. Piala Dunia 2018 yang akan dilangsungkan di Rusia tidak lama lagi akan dimulai. 32 negara yang sudah lolos babak kualifikasi bersiap untuk memperebutkan piala di ajang terbesar sepakbola internasional tersebut. Rusia sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan diri untuk menggelar Piala Dunia. Mulai dari maskot, stadion, dan yang paling penting adalah bola.

Tanpa bola, olahraga ini tentu tidak bisa disebut sepakbola. Sejak berlangsungnya Piala Dunia beberapa puluh tahun yang lalu, sebuah perusahaan appareal olahraga biasanya mendesain dan membuat bola spesial untuk Piala Dunia. Nama-nama untuk bola tersebut biasanya berganti setiap ajangnya. Berikut ini adalah nama-nama bola yang dipakai di Piala Dunia sebelumnya:

  1. Telstar

Bola yang diberi nama Telstar ini digunakan untuk Piala Dunia 1970 dan 1974. Bola ini dibuat dan didesain oleh Adidas. Telstar merupakan bola pertama yang memilki corak pentagon berwarna hitam.

  1. Tango

Kembali dibuat oleh Adidas, kali ini perusahaan asal Jerman tersebut memberikan nama Tango untuk bola yang digunakan di Piala Dunia 1978 dan 1982. Desain bola ini menjadi acuan untuk lima Piala dunia selanjutnya.

  1. Azteca

Adidas memperkenalkan Azteca sebagai bola resmi Piala Dunia 1986 yang digelar di Meksiko. Azteca merupakan bola pertama yang sepenuhnya dibuat dari bahan sintetis.

  1. Etrusco Unico

Entrusco Unico merupakan bola resmi Piala Dunia 1990 di Italia. Selain menggunakan bahan sintetis, bola ini juga tahan air.

  1. Tricolore

Adidas Tricolore adalah bola resmi Piala Dunia 1998 di Perancis. Seperti namanya, Tricolore merupakan bola pertama yang memilki desain tiga warna untuk pertandingan resmi.

  1. Fevernova

Fevernova adalah bola resmi Piala Dunia 2002, yang untuk pertama kalinya berlangsung di kawasan Asia. Bola ini mendapat peningkatan di sektor performa.

  1. Teamgeist

Teamgeist menjadi bola resmi Piala Dunia 2006. Bola ini memanjakan pemain bola ketika menendang dengan desain figure-8 yang dimilkinya, yang membuat kaki pemain menendang bagian lembut si bola.

  1. Jabulani

Jabulani merupakan bola resmi untuk Piala Dunia yang berlangsung di Afrika Selatan. Kata Jabulani berasal dari bahasa isiZulu yang berarti “membawa kegembiraan bagi semua orang”. Bola ini memilki 11 warna, mewakilkan 11 pemain di lapangan. Untuk partai final, Jabulani diberi warna emas.

  1. Brasuza

Bola resmi di Piala Dunia sebelumnya di tahun 2014. Bola ini dikritik karena inovasi desainnya yang menggunakan enam panel berbentuk seperti bumerang.