Aktor Sejarah: Martin Luther King Jr.

Aktor Sejarah: Martin Luther King Jr.

I have a dream that my four children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character

Pernyataan tersebut merupakan sebagian isi dari pidato terkenal yang disampaikan oleh Martin Luther King Jr. yang disampaikannya pada tanggal 28 Agustus 1963 dari tangga Lincoln Memorial di tengah berlangsungnya pawai di Washington.

Martin Luther King Jr. lahir sebagai Michael King Jr. pada tanggal 15 Januari 1929 di Atlanta, Georgia. Michael Jr. merupakan anak tengah dari pasangan Michael King Sr. dan Alberta Williams King. Dia mengubah namanya menjadi Martin setelah ayahnya mengganti namanya menjadi Martin Luther untuk mengenang seorang pemimpin Protestan yang bernama sama.

King Jr. adalah seorang pendeta di Gereja Baptis Montgomery dan juga aktivis HAM bagi warga keturunan Afrika-Amerika. Dia adalah aktor penting dalam sejarah Amerika Serikat. Dia juga dianggap sebagai pahlawan, pencipta perdamaian serta martir oleh banyak orang di seluruh dunia.

King Jr. melakukan aksi-aksinya dengan menggunakan prinsip-prinsip dari Mahatma Gandhi, yaitu melakukan aksi perlawanan tanpa menggunakan kekerasan. Selain berjuang untuk orang-orang kulit hitam, King Jr. juga pernah menentang Perang Vietnam dan masalah tanah milik. Pada tahun 1955, King Jr. memimpin sebuah demonstrasi pemboikotan bus di Montgomery dan demonstrasi di Birmingham. Aksi terakhir membuatnya dipenjara.

Lewat pidato dan aksi-aksi yang dilakukannya, King Jr. sukses mengakhiri hukum segregrasi yang terjadi di Amerika Serikat pada masa itu. Pada tahun 1964, dia mendapat Nobel Perdamaian sebelum akhirnya tewas terbunuh pada April 1968.

Perjuangan Martin Luther King Jr. setidaknya dapat kita contoh di masa modern ini. Meski dia sudah tidak ada di dunia ini, perjuangan melawan diskriminasi masih terus dilakukan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *