Alarm Ini Akan Menamparmu Untuk Bangun Tidur

Alarm Ini Akan Menamparmu Untuk Bangun Tidur. Bangun pagi bagi sebagian orang adlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Butuh berapa kali memencet tombol “snooze”di ponselmu setiap kali alarm berbunyi? Atau butuh berapa kali mematikan bunyi alarm di jam wekermu? Bagi yang susah bangun, sangat mungkin terbiasa memiliki pikiran “5 menit lagi”, sampai kamu mungkin bahkan tidak sadar kalau kamu sudah terlambat! Namun salah seorang wanita Swedia menemukan solusi untuk masalah ini. Dia menciptakan “The Wake Up Machine”. Alat ini merupakan alarm yang cara kerjanya bukanlah dengan menghasilkan suara, tapi dengan menampar wajahmu!

Alat tersebut diciptakan oleh Simone Giertz. Simone terinspirasi untuk membuat alarm itu dari perayaan Halloween 2015 lalu. Simone mengaku kalau dia termasuk orang yang juga sulit bangun pagi.

Karena dia pun memiliki ketertarikan dalam membuat robot, ia pun mencari solusi mengatasi susah bangun pagi dengan teknologi robot ciptaannya.

Cara kerja alarm ini sangat sederhana, ketika alarm berbunyi, tangan plastik yang menggantung di atas kepala akan bergerak memutar atas dan bawah menampar wajah orang yang sedang tidur. Kamu baru bisa menghentikan tamparan jika mematikannya. Tangan plastik mainan ini cukup lentur sehingga bisa memutar.

Menurut Simone, seseorang butuh dikejutkan dengan tamparan di wajah agar cepat bangun. Dibandingkan alarm biasa yang hanya berbunyi, The Wake-Up Machine benar-benar efektif membangunkan kamu dari tidur sekaligus membuatmu kesal.

Simone yang juga hobi melakukan Vlog di Youtube ini membagi cara pembuatan sederhana dari penemuannya ini. Robot ini cukup sederhana dan mudah dibuat dengan catatan bahwa kita perlu mengerti prinsip-prinsip mekanika. Simone membuat tangan yang akan menampar dari sarung tangan karet yang diisi dengan kapas. Ia pun mengoneksikan tangan palsu dan jam dengan microcontroller dan relay. Mesin itu dimasukkan pada kaleng.

Robot itu kemudian ditempatkan di atas tempat tidur, tepat di atas Simone tidur pada saat malam hari. Setelah alarm berbunyi dan tidak sukses membangunkanmu, tangan itu bergerak secara berputar-putar sehingga seperti sedang menampar. Sebagian dari kamu mungkin menganggap jika benda tersebut akan terasa sakit ketika terkena wajah. Namun Simone mengatakan sebaliknya. “Alarm ini lebih memalukan dari pada menyakitkan.” lanjut Simone.

Tertarik untuk mencoba alarm ini?