Alasan Mata Berair Saat Mengiris Bawang

Alasan Mata Berair Saat Mengiris Bawang. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dong kalau mengiris bawang dapat dengan mudahnya menyebabkan matamu berair? Apakah kamu tahu alasan dibalik hal tersebut?

Ketika mengiris bawang, kamu sebenarnya sedang memecah sel-sel yang ada di dalamnya yang membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini tercampur dengan enzim dan kemudian menghasilkan gas yang disebut propanethiol D-oxide. Saat gas ini mencapai mata kita dan tercampur dengan air didalam mata kita maka terbentuklah asam sulfurik.

Nah, asam sulfurik inilah yang membuat mata terasa perih dan efeknya mengeluarkan air mata secara simultan. Semakin banyak air mata yang diproduksi, semakin banyak juga asam dihasilkan, sehingga semakin lama dapat menyebabkan iritasi. Dengan memasak bawang akan membuat enzim menjadi tidak aktif dan mata kita kembali normal.

Lebih lama dan lebih banyak bawang yang diiris, akan semakin banyak gas yang dilepaskan dan makin bercucuran juga air matamu. Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia tersebut merupakan upaya tanaman bawang untuk mengusir hama.

Ketika mendeteksi adanya “penyebab” iritasi kimia, kedua matamu secara langsung akan mengirim sinyal ke sistem syaraf pusat, yang menyebabkan kelopak matamu membuka tutup secara cepat seperti wiper kaca kendaraan, dengan tujuan membersihkan mata.

Salah seorang dosen senior di Conventry University, Duane Mellor menjelaskan bahwa saat sel bawang dirusak, secara otomatis akan mengeluarkan propantial S-oksida. Kandungan itu ditujukan untuk menghentikan kerusakan akibat hama.

Bila menguap, propantial S-oksida akan mengiritasi kelenjar lakrimal yang memproduksi air mata, dan itu sebabnya kamupun menangis. Untungnya, propantial S-oksida yang dikandung bawang hanya sedikit hingga tidak signifikan merusak mata.

Lalu, kira-kira apakah bisa mencegah atau mengatasi keluar airmata saat memotong bawang? Ternyata hal tersebut dapat dilakukan.

1. Potong bawang dekat atau dibawah air mengalir. Hal tersebut dapat membuat gas dari bawang terserap air yang mengalir dan tidak mengenai matamu. Namun cara tersebut terbilang tidak praktis dan boros air.

2. Dinginkan bawang. Hal ini akan memperlambat pelepasan asam dari bawang. Bawang tersebut tidak perlu sampai beku, hanya dinginkan di frezeer selama 10-15 menit saja.

3. Rebus bawang terlebih dulu di air mendidih dan celupkan ke air dingin. Hal ini akan mengubah enzim dan mencegah air mata bercucuran.

4. Pakailah tudung kompor atau menggunakan kacamata untuk mencegah propanthial s-oksida mencapai mata.

Faktanya, tidak semua bawang punya kemampuan membuat kamu mengeluarkan air mata, seperti contohnya bawang putih. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa jauh sulfur diserap oleh bawang.

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan alasan dan cara mengatasi mata berair akibat mengiris bawang?