Asal-Usul Hari Minggu sebagai Hari Libur

Asal-Usul Hari Minggu sebagai Hari Libur. Siapa sih yang tidak menunggu-nunggu datangnya hari Minggu? Setidaknya bagi sebagian besar orang hari yang paling dinanti-nantikan dalam satu minggu ialah hari Minggu. Mungkin untuk beberapa orang aktivitas dalam seminggu hanya dilakukan 5 hari, yang berarti Sabtu dan Minggu menjadi libur mereka. Namun ada juga yang beraktivitas 6 hari, dan baru mendapatkan istirahat di hari Minggu. Meskipun tidak semua orang libur di hari Minggu pun, kalau kamu melihat kalender kamu akan mengamati kalender memiliki warna berbeda di setiap hari Minggu (biasanya ditandai dengan warna merah). Nah, pernah terpikirkan ga sih asal-usul kenapa hari Minggu ditandai dengan hari libur?

Sejarah hari Minggu dijadikan hari libur ini adalah berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa pada saat itu. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Bangsa Romawi adalah bangsa yang menguasai banyak negara di Benua Eropa. Diantaranya Belanda, Inggris, Prancis, Jerman dan negara lain. Sehingga tradisi liburan hari Minggu juga diterapkan di negara jajahan Romawi.

Karena kita juga dijajah Belanda selama 350 tahun, maka tradisi itupun terbawa hingga ke Indonesia, di mana Indonesia juga menggunakan hari Minggu sebagai hari libur. Akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan. Hingga sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih tetap berlaku di Indonesia.

Meskipun terkesan mendunia, yakni tidak hanya Indonesia yang menerapkan libur di hari Minggu, nyatanya tetap ada kok negara yang tidak libur di hari Minggu. Contohnya ialah Arab Saudi dan beberapa Negara di bagian Timur Tengah yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Hal ini dikarenakan masyarakat muslim beranggapan jika hari Jumat adalah hari yang paling baik, khususnya untuk ibadah. Karena hari tersebut libur, maka masyarakat dengan leluasa bisa beribadah. Sedangkan Yahudi memilih Sabtu sebagai hari libur mereka, dengan alasan yang sama dengan bangsa Arab.

Nah, gitu deh kira-kira asal usulnya hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur. Jadi, kalau sekarang melihat tanggalan merah sudah tau dong alasannya kenapa.