Asal Usul Nutella

Asal Usul Nutella. Selai yang “hits” dan kekinian ini ditemukan puluhan tahun yang lalu. Sebelum akhirnya terkenal hingga sampai ke Indonesia, selai yang berasal dari produsen cokelat terkemuka di Italia ini lahir di era Perang Dunia loh.

Pada saat perang 1806, Napoleon membekukan perdagangan Inggris. Pembekuan ini berujung pada melangitnya harga cokelat. Seabad kemudian, Hitler memakai cara yang sama pada Perang Dunia II. Pemblokadean ini mengakibatkan harga cokelat di Eropa naik.

Dengan background bakery, Pietro bereksperimen dengan keinginannya untuk membuat cokelat eksklusif dengan campuran hazelnut. Saat itu, hazelnut dipakai karena harganya yang murah dan sangat berlimpah di tempat tinggal mereka, Alba, Italia.

Akhirnya, kreasi Pietro tersebut dikenal dengan nama ‘gianduja’ di tahun 1946 dan dijual dengan bentuk kotak, diiris tipis, lalu dimakan bersama roti. Cokelat tersebut mendapat respon yang sangat baik di pasar.

Era Pietro digantikan oleh anak laki-lakinya, Michele, yang mengambil alih perusahaan sang ayah pada tahun 1957. Dari sinilah sejarah Nutella dimulai. Setelah bergabung, Michele berinovasi dengan menambahkan gula dan sedikit kopi liar, lalu menamakannya “Nutella” pada tahun 1964.

Nutella awalnya dijual dalam bentuk roti saat masih bernama Gianduja. Tidak berbentuk selai/krim seperti yang kita kenal sekarang. Nutella tadinya dipotong-potong seperti roti. Namun tahun 1951, Gianduja semakin berkembang dan cokelat-hazelnut menjadi terkenal.

Uniknya butuh waktu yang tidak singkat bagi AS dan negara-negara lainnya untuk mengimpor Nutella. Amerika Serikat saja baru mengimpor Nutella sejak tahun 1983.

Beberapa fakta terkait Nutella ialah:

1. Produksi Nutella setiap tahun bisa digunakan untuk mengoles Tembok Besar/Raksasa di Tiongkok sebanyak delapan kali saking banyaknya produksi yang dihasilkan. Bahkan produksi Nutella setiap tahunnya sama beratnya dengan gedung Empire State yang memiliki 102 lantai di Manhattan, AS.

2. Satu buah stoples selai cokelat ini terjual hanya dalam waktu 2,5 detik. Bahkan mengalahkan jumlah bayi yang lahir di seluruh dunia, yaitu setiap delapan detik, satu bayi lahir.

3. Nutella memiliki hari khusus, yakni Nutella Day setiap tanggal 5 Februari.

4. Di Italia sendiri, bagi anak-anak yang datang ke toko kue dan membawa roti mereka akan mendapatkan selai nutella secara gratis.

5. Michele Ferrero berhasil meraih pendapatan 17 milyar Euro dari Nutella dan produk terkenal lainnya yaitu Kinder dan Ferrero Rocher.

6. Komposisi Nutella berdasarkan The Consumer Center yang tergabung dalam peneliti P&K di Chicago, Amerika Serikat membuktikan bahwa Nutella hanya mengandung lima bahan, yakni minyak kelapa sawit, kakao, hazelnut, susu bubuk skim, dan gula.

7. Nutella selalu memposisikan rasa “hazelnut spread with skim milk and cocoa”. Faktanya, kandungan gula lebih banyak sekitar 55 persen, sedangkan hazelnutnya hanya sekitar 14 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *