Astronot Memakan Makanan dan Minuman Ini di Luar Angkasa

Astronot Memakan Makanan dan Minuman Ini di Luar Angkasa. Tidak adanya gravitasi di luar angkasa tentu membuat penasaran akan kehidupan para astronot di sana. Khususnya ketika mereka makan kira-kira makanannya berterbangan-kah? Makanannya apa? Minumannya apa?

Lembaga pemerintah Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Adminstration alias NASA menjadi salah satu lembaga yang dikenal dengan para astronotnya. Sejak didirikan pada tahun 1958 oleh Presiden Eisenhower, NASA memiliki tujuan buat lebih mementingkan kebutuhan masyarakat sipil dibandingkan dengan militer. Yang digunakan sebagai progam perdamaian dalam ilmu keluar angkasaan.

Setiap melakukan misi ke luar angkasa, tentunya para astronot dari NASA juga memerlukan bahan makanan sebagai persediaan. Tentu makanan yang dimakan oleh astronot NASA tidaklah sama dengan makanan yang dimakan ketika di bumi. Karena tidak adanya gaya gravitasi, pemenuhan kebutuhan makanan buat para astronot NASA selama ini disuplai oleh NASA Advance Food Technology. Mereka adalah pihak yang bertanggung jawab buat menyediakan berbagai menu makanan yang disiapkan sebagai perbekalan para kru pesawat ketika sedang melakukan ekspedisi.

Selama 50 tahun, departemen teknologi pangan ini telah mencoba berbagai metode pengemasan dan penyajian makanan bagi para kru pesawat luar angkasa. Pada dasarnya, makanan yang dimakan para astronot tidak jauh beda dengan makanan manusia di bumi pada umumnya. Hanya saja, disajikan dengan memperhatikan standar gizi khusus dan pengemasan yang lebih awet.

Yuri Gagarin adalah orang pertama yang memakan daging tumbuk dan saus cokelat yang dikemas dalam tabung menyerupai pasta gigi. Sementara, John Glenn merupakan orang pertama yang mencoba makan makanan di dekat orbit Bumi yang hampa udara. Menurut Glenn, tidak sulit untuk makan di area tersebut. Hanya saja makanan harus disesuaikan ukurannya agar lebih mudah.

Namun, menurut para astronot yang telah mengkonsumsi langsung makanan-makanan tersebut di luar angkasa, makanan-makanan tersebut kurang membangkitkan selera makan. Hal ini dikarenakan bentuk asli dari makanan tersebut yang sudah berubah. Tapi ya, mereka tidak punya pilihan lain selain memakannya kan?

Tertarik mau mencoba makanan-makanan ini?