Bahayanya Menggunakan Earphone Saat Tidur

Bahayanya menggunakan earphone saat tidur. Kalau kamu tidak bisa tidur tanpa mendengarkan musik dengan earphone, sepertinya kamu harus mengurangi kebiasaan ini. Tidur dengan earphone berakibat fatal loh untuk dirimu, bahkan bisa bisa merenggut nyawamu.

 

Dimulai dari menyebabkan kerusakan saraf pendengaran, ini sangat mungkin terjadi padamu. Untuk mengirimkan informasi suara koklea/rumah siput akan mengirimkannya melalui saraf yang terhubung ke bagian otak yang berfungsi mengolah informasi suara. Jadi, kalau kamu kebiasaan mendengarkan musik saat tidur, saraf pendengaranmu ikut terganggu karena terus digunakan tanpa istirahat. Padahal seharusnya tidur menjadi waktu istirahat untuk saraf.

Kebiasaan mengdengarkan musik hingga tertidur yang menyebabkan rusaknya rumah siput di telinga atau koklea ini akan menyebabkan rangsangan suara tidak akan di terima dengan baik oleh koklea. Koklea jadi tidak akan bisa mengirim pesan ke otak untuk mengolah suara menjadi informasi.

Selain itu, akibat lainnya ialah akan muncul gangguan pendengaran seperti: Infeksi telinga, telinga bernanah, telinga berair, telinga berdengung (tinnitus) bisa jadi masalah selanjutnya yang harus kamu hadapi akibat kebiasaan mendengarkan musik saat tidur. Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat meningkatkan bakteri di telinga sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi pada telinga.

Kalau kamu masih berpikir “ah cuma itu saja?”, apakah kamu masih terima jika otakmu rusak? Kalau kamu masih ingin mendengarkan musik saat tidur berarti kamu seolah mengiklaskan otakmu rusak akibat kebiasaan mu. Kerusakan otak bisa terjadi akibat kebiasaan mendengarkan musik saat tidur.

Jangan bingung ketika bangun, kamu dalam keadaan yang tidak fresh. Pasalnya, hal tersebut disebabkan karena gelombang elektromagnetik pada earphone berpengaruh pada kesehatan otak dan tidak menutup kemungkinan fatalnya ketika otakmu rusak, bisa menyebabkan kelumpuhan otak dan meninggal.