Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk

Bahayanya Menggunakan Obat Nyamuk. Kamu pasti merasa risih dong dengan kehadiran serangga kecil yang suka terbang dan menghisap darah di kulitmu? Yup! Nyamuk. Meskipun ukurannya kecil, namun nyamuk sangat mengganggu dan dapat menyebabkan kulitmu gatal hingga iritasi jika kamu garuk kan? Salah satu cara ampuh menghindari gigitan nyamuk ialah dengan menggunakan obat nyamuk. Obat nyamuk bisa sangat membuatmu kecanduan dan berbahaya buat tubuhmu.

Kamu perlu tahu kandungan di dalam obat nyamuk yang berbahaya bagi tubuhmu. Beragam jenis obat nyamuk sudah tersedia saat ini. Namun, baik obat nyamuk bakar, semprot, atau bahkan oles sebenarnya sama-sama tidak boleh sampai terhirup oleh hidung.

Banyak ditemukan kandungan berbahaya di dalam obat nyamuk. Jika masuk ke dalam tubuh secara terus menerus akan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Kandungan berbahaya yang ada di dalam obat nyamuk antara lain:

  • Dichlorovynil dimethyl phosfar ( DDVP ) – merupakan senyawa turunan dari chlorine.
  • Propoxur yang merupakan senyawa karbamat – Senyawa dengan jenis ini pernah mematikan ribuan orang. Senyawa ini juga pernah merusak syaraf ratusan ribu orang yang ada di Bhopal India. Senyawa tersebut juga diduga sebagai pemicu timbulnya kanker di dalam tubuh ini mengandung zat karsinogen.
  • Diethyltoluamide atau DEET – merupakan senyawa yang bersifat korosif. Sifat korosifnya tersebut bisa mengikis lapisan pada besi.

Bebrapa jenis obat nyamuk yang sudah ada di pasaran dan mungkin juga sering kamu gunakan ini harus digunakan dengan hati-hati dan cara pemakaian yang benar.

1. Obat Nyamuk Bakar

Bahaya obat nyamuk bakar tentu disebabkan oleh kumparan asapnya yang menghasilkan polutan. Bahkan, polutan dari asap obat nyamuk bakar ini bisa lebih berbahaya dibandingkan asap kendaraan bermotor. Untuk mengatasinya, biasakanlah mengganti seprei dan sarung bantal serta guling maksimal sebulan sekali.

The US National Institute of Health menyimpulkan bahwa bahaya partikel-partikel kecil dan bahan karsinogenik pada asap pembakaran satu keping obat nyamuk bakar sama dengan asap pembakaran 50-130 batang rokok. Bayangkan berapa banyak racun yang terhirup orang-orang di sekitarnya selama 8 jam tidur.

Di dalam obat nyamuk bakar mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Jika dibakar, asapnya akan lebih membahayakan dibandingkan dengan 100 batang bahaya merokok. Asap yang dihasilkan dari pembakaran obat nyamuk sering dihisap sehingga akan masuk ke dalam tubuh.

2. Obat Nyamuk Semprot

Obat nyamuk semprot memiliki kandungan zat DEET. Kalau disemprotkan dan terkena kulit, maka akan menimbulkan iritasi, apalagi kalau kulitnya memang sensitif. Pemakaian obat nyamuk semprot secara terus-menerus akan menimbulkan bahaya lainnya. Kulitmu seperti terbakar dan adanya luka permanen pada kulit. Kalau disemprotkan dan nggak sengaja terkena wajah, maka menyebabkan luka bakar pada mata. Bahaya lainnya yaitu mual, hipertensi, dan jantung.

Oleh karena itu, saat menyemprotnya usahakan orang-orang di ruangan pindah ke luar sebentar untuk menghindari asap semprotan yang masih kuat. Sayangnya ada beberapa iklan obat nyamuk yang mengatakan jika saat obat nyamuk disemprotkan kita boleh berada di ruangan. Hal itu dikarenakan semprotannya tidak akan menyebabkan batuk dan wanginya segar. Padahal, perlu kamu ketahui bahwa wangi yang dihasilkan oleh obat nyamuk semprot merupakan zat aerosol yang tidak bagus untuk kesehatan. Bisa menyebabkan sesak nafas dan yang paling berbahaya adalah kanker.

3. Obat Nyamuk Oles (Lotion)

Sama seperti obat nyamuk semprot, di dalam obat nyamuk oles juga terdapat kandungan bahan aktif DEET yang biasa terdapat pada obat pembasmi serangga. Kalau kamu terlalu sering memakainya, dalam waktu yang lama akan mengakibatkan alergi dan iritasi. Efek paling parahnya akan menimbulkan kanker kulit. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati dalam menggunakannya.

Apapun jenis obat nyamuknya, pada dasarnya semuanya memiliki resiko yang tidak main-main untuk kesehatanmu. Jadi, kamu harus perhatikan betul semuanya. Kalau memungkinkan, kamu jangan sampai menjadi kecanduan menggunakan obat nyamuk. Mungkin salah satu solusinya ialah dengan melindungi tubuh kamu dengan selimut? Atau bisa juga menggunakan kipas angin / AC (biasanya akan jarang nyamuk datang), lalu sebisa mungkin kamu harus menjaga kamar kamu agar selalu rapih, bersih, agar terhindar dari nyamuk.