Benarkah Gula Membuat Anak Hiperaktif?

Bagi orang tua dengan anak yang masih kecil, atau bujangan yang terpaksa menjaga keponakannya, menghadapi anak hiperaktif merupakan tugas super melelahkan. Anak yang hiperaktif alias tidak bisa diam dan berlarian tanpa henti biasanya dihubungkan dengan konsumsi gula. Semakin banyak gula yang diasup anak tersebut, maka semakin menggila mereka. Benarkah demikian?

Ternyata, anak yang hiperaktif bukan disebabkan oleh asupan gula. Namun benar bahwa anak yang hiperaktif, biasanya karena emosinya sedang tinggi dan aktif, mencari dan menyantap lebih banyak makanan bergula. Jadi bukan karena gula menjadi hiperaktif, melainkan karena banyak bergerak maka mereka mencari makanan bergula.

Pada satu sisi, keinginan mencari makanan bergula tersebut adalah tepat. Sebab, anak yang hiperaktif butuh pengganti energi berukuran besar akibat banyak gerak, yang dapat dipenuhi dengan baik oleh gula. Ada baiknya untuk menenangkan anak hiperaktif kamu perlu mencari penyebab emosinya meningkat. Atau, terima nasib dan anggap menjaga anak tersebut sebagai pengganti olahraga yang sering kamu lupakan.