Benarkah Makan Gorengan Bisa Bikin Batuk?

Benarkah Makan Gorengan Bisa Bikin Batuk? Benarkah Makan Gorengan Bisa Bikin Batuk? Salah satu camilan yang banyak penggemarnya adalah gorengan. Beberapa makanan seperti tempe, tahu, pisang, yang dilapis dengan tepung dan digoreng. Camilan ini pun identik sekali dengan label “bikin batuk”. Namun apakah benar makan gorengan bisa menyebabkan batuk?

Sebenarnya, alasan di balik kenapa makan gorengan bikin batuk bukanlah makanannya itu sendiri, namun hanya berperan sebagai faktor risiko yang membuat kamu lebih rentan mengalaminya. Kamu yang biasa membeli gorengan di penjaja pinggir jalan tentu harusnya paham dengan minyak jelantah yang dipakai untuk menggoreng. Demi menghemat biaya produksi, penjaja gorengan pinggir jalan seringkali diharuskan untuk mengulang pemakaian minyak goreng sampai dagangannya laku terjual.

Penggunaan minyak goreng yang berulang itulah yang menyebabkan pembentukan akrolein akibat suhu pemanasan minyak goreng yang sudah melebihi titik asapnya. Akrolein adalah senyawa yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan di tenggorokan yang menimbulkan rasa gatal menyiksa. Batuk sendiri sebenarnya adalah upaya pertahanan yang dilakukan tubuh terhadap berbagai macam rangsangan yang masuk dalam saluran napas. Penyakit tersebut terjadi karena adanya proses yang merangsang reseptor batuk. Jadi, pada dasarnya, batuk adalah refleks umum manusia yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan jalur pernapasan dari partikel asing, mikroba, polusi, lendir, dan iritan.

Gorengan juga sering kali digoreng kering dan memiliki tekstur kasar, yang dapat mengiritasi dinding tenggorokan Anda. Di samping itu, makanan berlemak dan berminyak lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga mungkin menekan proses kekebalan tubuh Anda — yang dapat memperburuk peradangan tenggorokan. Dari sinilah asal usul anggapan makan gorengan bikin batuk.

Kalau secara umum, bukan gorengan-nya lah yang menyebabkan batuk. Namun minyak yang digunakannya tersebutlah. Minyak goreng yang dipakai berulang kali tidak hanya menimbulkan batuk loh, namun juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Jika hal ini dibiarkan, maka akan meningkatkan risiko penyakit hipertensi dan serangan jantung.

Kalau kamu suka makan gorengan, mungkin kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat dan kamu pilih sendiri (utamanya jangan menggunakan minyak berulang kali). Kalau bukan dari sekarang menjaga diri, kapan lagi? Tubuhmu adalah aset masa depanmu.