Desa Pambota, Savana di Indonesia

Desa Pambota, Savana di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand bahkan Afrika kalau mau merasakan hamparan Savana. Di Nusa Tenggara Timur, Indonesia kamu bisa menemui pemandangan dan suasana yang tidak kalah indah daripada di luar.

Belum lama ini NTT mulai dilirik oleh para pelancong karena Pulau Komodo-nya. Namun, siapa yang tahu kalau di salah satu daerah timur di Indonesia ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah daripada di luar negeri sana. Salah satu daerah yang sedang mulai dikenalkan di NTT setelah Pulau Komodo ialah Sumba.

Kamu akan takjub melihat kecantikan gradasi warna padang savana di lereng bukit tempat kamu berpijak. Kamu bisa menemukan pemandangan seperti ini di Desa Pambota, Sumba Timur, NTT. Bukit dengan hamparan yang indah ini bernama Bukit Wairinding. Ada bagian yang hijau sekali, namun di sisi yang lain rerumputannya nampak menguning. Untuk menuju ke tempat ini dari pusat kota, jaraknya sekitar 30 menit perjalanan.

Bukit Wairinding yang masih berada dalam zona musim hujan ini terdiri dari rerumputan yang tumbuh subur disetiap lengkungan perbukitan. Kalau kamu ingin mengunjungi bukit ini, waktu yang pas ialah sore hari.

Bukit ini mulai ramai dikunjungi para pelancong sejak menjadi salah satu lokasi syuting film yang disutradarai oleh Mira Lesmana dalam film Pendekar Tongkat Emas. Tempat ini memiliki lanskap perbukitan dengan panoramik yang indah.

Hamparan padang savana yang terhampar luas itu akan berwarna kuning saat musim kemarau dan sebaliknya berwarna hijau pada musim penghujan. Mengunjungi Bukit Wairinding di kedua musim tersebut pastinya akan memberikan kesan yang berbeda. Jika pengunjung datang di musim kemarau, yakni antara Bulan Juli hingga Bulan Oktober maka suasana alam di sana akan terasa seperti berada di Afrika, lengkap dengan padang savananya yang eksotik. Lain halnya jika pengunjung datang di musim penghujan, suasana layaknya di perbukitan New Zealand akan Anda rasakan setibanya di bukit ini. Bukit Wairinding merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati kesunyian, keheningan dan keindahan yang masih sangat alami.

Tidak sulit juga jika kamu ingin menemukan kuda-kuda yang sedang merumput di daerah ini. Jadi, kalaupun kamu tidak punya passport namun ingin merasakan sensasi menikmati padang rumput seperti di New Zealand atau Afrika, kamu sudah tahu kan Indonesia pun punya tempatnya!