Es Krim Ini Tidak Akan Meleleh Meskipun di Suhu Tinggi

Es krim ini tidak akan meleleh meskipun di suhu tinggi. Cuaca panas tentu paling enak makan yang dingin-dingin seperti es krim contohnya. Namun dibalik makanan enak ini, satu hal menyebalkan ialah ketika es krimnya meleleh padahal kamu belum selesai menikmati. Namun, negeri Sakura yang tidak pernah kehilangan inovasinya ini mengatasi masalah tersebut dengan cara menciptakan es krim anti leleh.

Sejumlah peneliti dari Biotheraphy Development Research Center Co di Kanagawa, Jepang, berhasil membuat es krim yang mampu bertahan dalam waktu lama. Menariknya, es krim ini ditemukan dengan cara yang tak terduga.

Penemuan tersebut terjadi secara tidak sengaja. Berawal dari keinginan mereka untuk bereksperimen dengan buah stroberi di Miyagi, Jepang. Produksi stroberi di sana berubah sejak gempa bumi dan tsunami 2011 lalu. Pihak Biotherapy Development Research Center Co. meminta bantuan seorang pastry chef untuk membuat jenis kudapan baru dengan menggunakan esktrak polifenol stroberi guna membantu para petani stroberi yang sedang kesulitan untuk menjual hasil taninya.

Awalnya stroberi-stroberi yang telah diekstrak jadi polifenol akan dibuat kudapan manis. Tapi ternyata polifenol ini justru membuat krim mengeras dan padat. Dari situlah muncul ide untuk mencampur polifenol ini ke es krim dengan tujuan agar es krim selalu padat alias nggak gampang cair. Cairan polifenol memiliki kandungan yang mengikat air dan minyak lebih kuat. Jadi, es krim yang mengandung cairan itu akan tetap beku dalam waktu lama.

Es krim yang diberi nama Kanazawa Ice ini mampu bertahan di bawah terik matahari sekitar tiga jam. Seorang reporter mengaku telah melakukan uji coba pada es krim itu. Hasilnya, es krim itu tetap pada bentuk semula meski sudah 5 menit berada di tengah suhu matahari 28 derajat celcius. Direktur Biotherapy Development Research Center, Takeshi Toyoda, mengatakan bahwa pihaknya memang belum memastikan berapa waktu yang dibutuhkan es krim itu untuk bisa bertahan di suhu panas.

Jadi penasaran untuk mencoba? Sayangnya es krim ini belum ada di Indonesia. Jadi, mungkin jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Jepang kamu bisa mampir ke Kanazawa Ice.