Fakta 6 Hal Kecil yang Memiliki Peran Besar

Fakta 6 Hal Kecil yang Memiliki Peran Besar. Orang bijak beranggapan hal-hal kecil tidak selalu sepele atau tidak penting, karena dari hal kecil bisa melahirkan hal besar. Anggapan ini juga yang harus diketahui oleh beberapa orang dan termasuk kamu mungkin yang belum tahu. Beberapa barang yang kamu anggap mungkin sebelumnya “ga penting” ini ternyata memiliki maksud loh.

1. Lubang kecil di jendela pesawat

Kalau kamu bepergian menggunakan pesawat dan kebetulan mendapatkan tempat duduk di dekat jendela, kamu yang suka memerhatikan tentu akan menemukan adanya lubang kecil dibagian jendela pesawat. Apa sih fungsinya?

Jendela pesawat dibuat dari dua lembar kaca plastik (perspex). Sedangkan fungsi lubang kecil pada jendela pesawat tersebut adalah untuk memungkinkan udara untuk bergerak di antara kabin dan daerah antara dua panel, sehingga menyamakan tekanan antara kabin dan panel. Jadi, lubang di kaca pesawat itu bukannya iseng belaka.

2. Lubang horizontal di kerah kemeja

Kamu yang suka mengenakan kemeja, pernah ga sih memerhatikan perbedaan lubang kancing yang ada di kerah berbeda dengan lubang kancing lainnya? Buat kamu yang pernah, tentu kamu tidak tahu kan kenapa lubang kancing pada kerah kemeja berbentuk horizontal sedangkan yang lain berbentuk vertikal?

Jawabannya sederhana. Agar kamu lebih mudah membukanya. Pasalnya, lubang horizontal dinilai cenderung lebih mudah dibuka dibandingkan dengan lubang vertikal.

3. Saku kecil di saku jeans

Terbiasa menggunakan celana berbahan jeans? Kamu mungkin mengetahui bahwa pada celana jeans memiliki saku kecil. Saku ini memiliki kegunaan untuk menyimpan barang kecil seperti arloji. Sesuai fungsinya, saku ini memiliki nama “watch pocket”.

4.  Tonjolan pada huruf F dan J di keyboard

Kalau kamu perhatikan, hampir semua keyboard baik PC maupun laptop memiliki tonjolan di bagian huruf F dan J. Pernah kepikiran ga sama kamu kenapa bisa ada?

Ternyata, fungsi dari tonjolan di kedua huruf itu untuk membantu meningkatkan kemampuan touch typing atau cara mengetik tanpa melihat tombol di keyboard. Huruf F itu sendiri, menjadi posisi paling tepat untuk meletakkan jari telunjuk kiri, sedangkan huruf J adalah tempat untuk meletakkan telunjuk kanan. Karena bantuan tonjolan ini, para pengguna dapat merasakan apakah jarinya sudah diletakkan di tempat yang tepat saat mengetik.

5. Simbol indikator bensin dan simbol segitiga di sampingnya pada mobil

Kamu yang berkendara dengan mobil apakah tahu kalau simbol indikator bensin dan simbol segitiga di sampingnya memiliki fungsi lebih dari sekadar penunjuk meteran bensin?

Setiap mobil pasti punya indikator bensin. Nah, Simbol segitiga yang ada di samping logo bensin ini punya fungsi penting. Arah yang ditunjukkan oleh segitiga ini adalah posisi di mana tutup tangki bensin berada. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu menggunakan mobil pinjaman atau rental yang kamu sendiri belum tahu posisi tutup tangki bensinnya.

6. Lubang pembuka yang ada di minuman kaleng

Suka minum minuman kaleng? Tentu kamu tahu dong keberadaan lubang yang ada di tempat pembuka kaleng tersebut. Pernh terpikirkan ga fungsi lubang itu buat apa?

Sebenarnya bagian berlubang dari pembuka kaleng ini berguna untuk meletakkan sedotan. Tujuannya agar sedotan tidak bergoyang ke sana kemari dan memudahkan kita untuk minum.

Ketika kamu membuka penarik tutupnya, kemudian balikkan tutup dan pasang sedotannya.