Fakta Gunung Tertinggi di Bali

Fakta Gunung Tertinggi di Bali. Gunung tertinggi di Bali ialah Gunung Agung, Gunung Agung menjadi salah satu fenomena alam yang sedang banyak diperbincangkan saat ini. Sebagai gunung aktif, belakangan ini Gunung Agung menjadi sorotan karena terusnya mengeluarkan semburan asap dan lahar panas beberapa kali. Hal ini pun menyebabkan warga di sekitar sudah mulai dievakuasi.

Bagi yang belum mengetahui, Gunung Agung merupakan gunung yang berada di Bali. Untuk kamu yang hanya mengetahui Bali identik dengan pantainya, nyatanya Gunung Agung menjadi salah satu tujuan destinasi bagi para pendaki. Memiliki tinggi 3142 mdpl sebagai gunung tertinggi di Bali, gunung ini dipercaya penduduk sekitar sebagai rumah dari para dewa di Bali.

Salah satu cara menikmati Bali secara keseluruhan ialah dengan mendaki Gunung Agung. Ketika sudah sampai di puncak Gunung Agung, Kamu dapat melihat Pulau Bali sepenuhnya, bahkan dalam 360 derajat. Selain itu Kamu juga dapat melihat Pulau Lombok dengan Gunung Rinjaninya.

Namun situasi saat ini yang beresiko akan meletusnya Gunung Agung membuat jalur pendakian ditutup.

Buat kamu yang mungkin belum familiar akan Gunung Agung, berikut beberapa fakta tentang Gunung Agung

1. Gunung Agung merupakan gunung yang bisa didaki. Mempunyai dua jalur pendakian yaitu melalui Pura Besakih dan Pura Pasir Agung. Jika Kamu mendaki Gunung Agung dan sampai di puncaknya, Kamu akan menemukan kabut tebal yang mengelilingi puncaknya. Namun meski dikelilingi kabut tebal, Kamu masih bisa melihat pemandangan Pulau Bali dan Gunung Rinjani dari atas puncak.

2. Gunung Agung juga menjadi gunung yang disakralkan oleh warga sekitar. Banyak acara dan upacara yang dilakukan untuk menghormati Gunung Agung tersebut, bahkan jika ingin mendaki Kamu harus ditemani oleh warga lokal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Dalam kepercayaan masyarakat Bali, jiwa yang terlepas dari jasmani akan menuju tempat suci, yakni tempat yang lebih tinggi. Di tempat yang lebih tinggi inilah ia bereinkarnasi menjadi orang yang kemampuan dan kedudukannya lebih baik lagi. Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali sehingga dianggap sebagai gunung yang paling suci.

4. Kamu butuh persiapan yang matang untuk mendaki, karena dibutuhkan waktu perjalanan selama 7 jam. Kamu tidak diperbolehkan membawa makanan berbahan sapi. Sapi merupakan hewan suci menurut kepercayaan umat Hindu. Selain itu, kamu tidak diperbolehkan mengambil sembarang air dari sumber mata air yang kamu temukan disepanjang jalur pendakian.

5. Gunung Agung yang merupakan gunung api aktif sudah pernah meletus sebelumnya pada tahun 1808, 1821, 1843, dan yang paling dahsyat pada tahun 1963. Korban pada erupsi ini mencapai 1.444 orang, 1.148 meninggal dunia dan 296 orang sisanya mengalami luka-luka.

 

6. Letusan Gunung Agung pada tahun 1963 tercatat menurunkan suhu Bumi sebesar 0,4 derajat celcius. Hal itu terjadi karena material vulkanik berupa aerosol sulfat dari gunung itu terbang hingga jarak 14.400 kilometer dan melapisi atmosfer Bumi.

Nah, buat kamu yang jadi penasaran akan Gunung Agung, sangat tidak disarankan untuk “uji nyali” datang ke Gunung Agung di saat situasi sedang tidak aman seperti ini yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *