Fakta Para Pengguna Tangan Kiri (Kidal)

Fakta para pengguna tangan kiri (Kidal). Pernah mendengar istilah “kidal”? Kidal biasanya adalah sebutan bagi para pengguna tangan kiri. Dari kecil, kebanyakan dari kita lebih terbiasa menggunakan tangan kanan untuk menggunakan berbagai macam kegiatan. Misalnya, ketika menerima uang kembalian atau pada saat mengambil makanan. Bahkan aktivitas yang paling sering menggunakan tangan ialah saat menulis. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan tangan kanan. Ada orang-orang yang melakukan segala aktivitas tersebut menggunakan tangan kiri (disebut kidal).

Kalau selama ini kita selalu diajarkan bahwa menggunakan tangan kanan itu lebih sopan, bukan berarti pengguna tangan kiri artinya tidak sopan. Baik menggunakan tangan kanan atau kiri tentu ada kelebihan maupun kekurangan untuk masing-masingnya. Namun, satu yang tidak bisa dipungkiri, orang-orang yang bertangan kiri selalu lebih kreatif dari pada orang yang bertangan kanan. Sehingga mereka sangat bagus jika bekerja di industri kreatif.

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan itu pun berlaku buat kamu yang mungkin belum mengenal beberapa fakta tentang orang-orang yang menggunakan tangan kiri.

  1. 10% – 12% dari populasi dunia adalah orang kidal.
  2. Hingga kini para ilmuwan tidak tahu pasti mengapa beberapa orang kidal. Yang jelas, faktor genetik mempengaruhi sekitar 25 persen.
  3. Cenderung memiliki alergi, lebih rentan terhadap migrain, serta lebih mungkin terkena insomnia.
  4. Dalam studi pada 2007 yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer, para peneliti menemukan, orang kidal memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara terutama pada usia setelah menopause.
  5. Sebanyak 40% orang kidal di dunia ternyata mengidap penyakit stres akut (Schizophrenia).
  6. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang kidal lebih artistik. Terdapat bukti bahwa orang kidal lebih baik dalam pemikiran divergen dan sebuah survei yang terdiri lebih dari 2000 orang kidal menunjukkan bahwa mayoritas dari orang kidal cocok untuk berkarir di bidang seni dan musik.
  7. Pada tahun 1900, komunitas orang kidal beranama Left-Hander’s Club yang berada di Inggris mulai memperingati ‘Left Handers Day’ setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 13 Agustus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keasadaran mereka yang biasa menggunakan tangan kiri dalam dunia yang didominasi oleh orang yang biasa menggunakan tangan kanan.
  8. Tentara yang terlahir kidal membalik granat saat hendak mencabut pin dan melemparnya. Cara ini lebih aman untuk mereka.
  9. Banyak orang populer yang ternyata pengguna tangan kiri. Diantaranya, Tom Cruise, Whoopi Goldberg, Paul McCartney, Oprah Winfrey, Justin Bieber, Celine Dion, Jennifer Lawrence, Brad Pitt dan Angelina Jolie, termasuk juga mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama. Mungkin menjadi kidal adalah salah satu rahasia dari kesuksesan mereka.