Fakta Piala Dunia (Part 1)

Fakta Piala Dunia (Part 1). Bicara tentang bola tentu tidak asing dengan istilah “Piala Dunia”, yang merupakan turnamen sepak bola terbesar di dunia ini. Piala dunia diadakan setiap empat tahun sekali di negara penyelenggara yang berbeda-beda.

Format turnamen saat ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara di gelanggang olahraga di negara tuan rumah dalam waktu sekitar satu bulan. Tahap kualifikasi, yang saat ini diselenggarakan dalam waktu tiga tahun menjelang Piala Dunia, digelar untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah. Di mana Piala Dunia 2018 sudah ditentukan akan berlangsung di Rusia.

Berikut ialah fakta-fakta yang mungkin belum kamu ketahui terkait gelaran olahraga bergengsi satu ini:

  1. Piala Dunia FIFA dilaksanakan pertama kali di tahun 1930, di mana Uruguay sebagai tuan rumahnya. Piala Dunia ini berlangsung dari tanggal 13 sampai 30 Juli 1930.
  2. Bert Patenaude adalah pencetak hat-trick pertama dalam sejarah Piala Dunia. Pemain Amerika Serikat ini mencetak trigol di Piala Dunia 1930 saat melawan Paraguay. USA menang 3-0.
  3. Piala Dunia tidak dimainkan tahun 1942 dan 1946 karena Perang Dunia.
  4. Brazil menjadi satu-satunya tim yang selalu tampil di putaran final Piala Dunia sejak 1930 hingga 2010.
  5. Pencetak gol terbanyak ketika Piala Dunia ditempati oleh Hungaria ketika mengalahkan El Salvador, 10:1 pada Piala Dunia tahun 1982.
  6. Pemain termuda yang pernah tampil di putaran final Piala Dunia adalah pemain timnas Irlandia Utara, Norman Whiteside. Dia melakoni debutnya saat usianya 17 tahun ketika melawan Yugoslavia di Piala Dunia 1982, Spanyol.
  7. Pada Piala Dunia 1990 para pesepak bola belum mengenakan seragam bernama punggung. Hanya nomor punggung yang tertera di bagian belakang jersey.
  8. Kali terakhir Mesir mengikuti Piala Dunia pada 1990, FIFA masih memperbolehkan kiper menangkap bola yang diumpan dengan kaki oleh rekan satu tim atau menangkap bola lemparan ke dalam.
  9. Dua tahun setelah Piala Dunia yang berlangsung di Italia tersebut, FIFA memperkenalkan aturan back-pass. Pelarangan back-pass dimaksudkan untuk membuat sepak bola tidak membosankan. Karena sebelum aturan pelarangan back-pass banyak kesebelasan yang membuang waktu dengan mengirim bola ke kiper.
  10. Penggunaan nama punggung di Piala Dunia pertama kali diterapkan pada Piala Dunia 1994.