Fakta Seputar Internet

Fakta seputar internet. Siapa yang tidak terbiasa dengan penggunaan internet? Internet sendiri merupakan istilah singkatan yang berasal dari Interconnection Networking, yang berarti sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu sama lain di seluruh penjuru dunia. Seluruh jaringan komputer akan saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (paket switching communication protocol) yang digunakan untuk melayani miliaran pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Pada tahun 1990, Tim Bernes (pakar komputer dari nggris) menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan. Nah, program ini biasa kamu kenal dengan World Wide Web (www).

Kalau kamu hanya terbiasa memakai internet saja, sepertinya kamu juga perlu tahu fakta-fakta tentang internet.

1. World Wide Web

Walaupun sebenarnya bagian dari internet, WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan. Diperkenalkan pada 12 Maret 1989, pada akhir 1993 baru terdapat 623 situs pada world wide web. Meski jumlahnya selalu berubah, karena munculnya situs baru atau situs yang tidak aktif lagi, saat ini diperkirakan jumlah situs yang ada mencapai 1 miliar.

 2. Serangan di Internet

Para penjahat cyber atau juga para peretas menyebarkan virus dengan berbagai cara, termasuk lewat e-mail. Menurut Sophos Lab, rata-rata 30.000 situs diretas setiap harinya.

3. Data Digital

Setiap harinya manusia menggunakan internet untuk mengirimkan berbagai macam file digital seperti dokumen, lagu, video, software, dan lain-lain hingga tidak pernah berfikir sudah berapa banyak data digital yang telah tertampung dalam internet.

Sebagai ilustrasi, jika kita ingin merekam dan mengumpulkan data tersebut dalam perangkat DVD  berkapasitas sekitar 4 GB, maka untuk data satu hari saja membutuhkan sebanyak 168 juta keping DVD. Atau jika ditotal jumlah transaksi data digital tersebut yakni 672 ribu terabyte.

4. Kamera Web Pertama

Kamera web / webcam pertama kali diciptakan untuk memonitor Trojan Coffee Pot, sebuah mesin kopi di ruangan bernama Trojan Room di Lab Komputer University of Cambridge, Inggris pada 1991.

Webcam versi perdana ini mampu menghasilkan gambar hitam putih 128×18 pixel. Webcam ini dioperasikan pada tahun 1991 di satu ruang yang dinamakan Trojan Room milik Laboratorium Komputer, University of Cambridge.

5. Transaksi Internet Pertama

Barang pertama yang diperjualbelikan lewat internet adalah mariyuana. Transaksi ini terjadi pada tahun 1971 atau 1972. Beberapa mahasiswa menggunakan akun Arpaner di Artificial Intelligence Laboratory Stanford University untuk melakukan transaasi komersial dengan mahasiswa lain di Massachussetts Institute of Technology. Tidak jelas berapa banyak ganja yang diperjualbelikan lewat internet ini.

6. Pecandu Internet

Di Tiongkok terdapat camp khusus untuk menangani orang yang kecanduan internet. Perlu diketahui, dari 200 juta pengguna internet, sebagian besar berusia 15 dan 35 tahun. Tao Ran, Kepala Penanganan Kecanduan Internet di negeri Tirai Bambu tersebut mengatakan bahwa 40 persen dari mereka menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

7. Ketika Internet Mati

Kalau koneksi internetmu terputus dalam satu hari, ternyata sekitar 3 miliar e-mail dan 3 juta pencarian di Google akan tertunda loh.

8. Data di Internet

Jika semua informasi yang beredar di internet dalam satu hari direkam dalam bentuk DVD, artinya kamu harus menyediakan 168 juta DVD. Dan itu hanya untuk merekam data dalam satu hari saja.

9. Miliaran Elektron

Internet mengirimkan 204 juta e-mail setiap menitnya, dan 70 persen dari total yang terkirim adalah spam. Faktanya, paling tidak dibutuhkan 2 miliar elektron untuk membuat satu e-mail saja.

10. Bots dan Malware

Faktanya, sebagian besar traffic internet bukan berasal dari manusia melainkan bots dan malware. Studi Incapsula pada 2015 menemukan 61,5 persen atau dua pertiga dari total trafik di situs internet dijalankan oleh bots.