Fakta tentang Pulau Bermata Uang Pokemon dan Wi-Fi di Seluruh Penjurunya

Fakta tentang pulau bermata uang Pokemon dan Wi-Fi di seluruh penjurunya. Pernah terpikirkan menggunakan uang yang memiliki ukiran Pokemon bahkan ada akses Wi-Fi di manapun kamu berada? Kamu bisa temui itu di sebuah pulau bernama Niue.

Berikut ialah fakta-fakta yang ada dari pulau Niue:

  1. Pulau kecil di tengah-tengah Samudera Pasifik yang terletak di 2.400 kilometer timur laut dari Selandia Baru pada segitiga antara Tonga ke barat daya, dekat dengan Samoas di barat laut, dan Kepulauan Cook di tenggara.
  2. Luas lahannya hanya 260 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 1.400 orang yang umumnya Polinesia.
  3. Lebih dari 1000 orang tinggal di kepulauan Polinesia ini.
  4. Di tempat ini kamu harus menggunakan nilai tukar mata uang yang bergambar Pikachu, Bulbasaur, Charmander, Squirtle, atau Meowth dengan nilai mata uang 1 Dollar. Namun tidak hanya itu saja, tokoh-tokoh lain seperti Star Wars, Mickey Mouse dan Doctor Who juga tergambar di koin logam Niue tersebut.
  5. Meskipun memiliki pemerintahan sendiri, Niue memiliki free-association dengan Selandia Baru, dan tidak memiliki kedaulatan penuh.
  6. Semua Niueans adalah warga negara Selandia Baru dan Ratu Elizabeth II adalah kepala Niue dari negara dalam kapasitasnya sebagai Ratu Selandia Baru. 
  7. Kebanyakan hubungan diplomatik dilakukan oleh Selandia Baru atas nama Niue itu.
  8. 90-95% orang Niuean tinggal di Selandia Baru, bersama dengan sekitar 70% dari penutur bahasa Niuean.
  9. Pada tahun 2003, Niue menjadi “WiFi Nation” pertama di dunia, di mana akses Internet nirkabel gratis disediakan di seluruh negeri oleh Pengguna Internet Society-Niue. Kalau kamu menginginkan tempat di mana selalu ada Wi-Fi (seluruh tempat tanpa terkecuali) dan GRATIS, kamu harus datang ke Niue!
  10. Negara dengan penjara paling sepi di dunia. Pemerintah sudah menyiapkan sel-sel di sana, tapi hingga hari ini tak ada penghuninya.

 

* uang-uang yang ada di Niue (Seri Pokemon, Doctor Who, Mickey & Friends, hingga Star Wars.)