Fakta Zabivaka™ si Maskot Piala Dunia 2018

Fakta Zabivaka™ si Maskot Piala Dunia 2018. Piala Dunia yang sudah semakin dekat ini identik juga dengan sang maskot yang selalu berbeda-beda dari tiap empat tahun berlangsungnya Piala Dunia. Kali ini, Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia menghadirkan sosok “serigala” bernama Zabivaka™ sebagai maskotnya. Buat kamu yang mungkin belum tahu tentang “si serigala” Piala Dunia ini, berikut fakta-faktanya:

1. Zabivaka terpilih setelah mendapat suara mayoritas dalam polling yang dilakukan oleh FIFA. Zabivaka mengumpulkan 53% suara, mengalahkan dua pesaingnya yakni seekor harimau (27%) dan seekor kucing (20%).

2. Lebih dari satu juta orang Rusia memberikan suara mereka ke FIFA.com selama periode pemilihan sebulan penuh dan hasil polling dilakukan melalui siaran langsung di Saluran 1 Rusia.

3. Fatma Samoura, sekretaris umum FIFA, menyampaikan bahwa proses pemilihan Zabivaka ini diawali dari pengumpulan suara anak-anak Rusia lewat polling online. Berdasarkan pemikiran itu, para mahasiswa universitas pengumpulan desain para mahasiswa universitas di Rusia yang selanjutnya diadakan polling dari tiga maskot terpilih sebelumnya (serigala, harimau, dan kucing).

4. Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko menyatakan bahwa maskot Piala Dunia bertugas untuk para pendukung inspirasi, mendapatkan penggemar yang lebih luas yang terlibat dalam sepak bola dan mengundang mereka ke stadion untuk biasa menagalami emosi yang mengesankan dan positif.

5. Serigala sporty ini dirancang oleh mahasiswa desainer bernama Ekaterina Bocharova.

6. Nama Zabivaka memiliki arti “sang pencetak gol” dalam bahasa Rusia.

7. Menurut biografi di situs resmi FIFA, Zabivaka adalah serigala yang sangat menyukai sepakbola dan selalu bermimpi menjadi bintang lapangan hijau. Dia menawan, percaya diri, gemar bersosialisasi, punya rasa sosial, dan senang membuat yang lain tertawa.

8. Zabivaka secara resmi diperkenalkan ke publik di Moskow pada Jumat, 21 Oktober 2016.

9. Mantan pemain terbaik dunia dan peraih trofi Piala Dunia bersama Brazil, Ronaldo hadir dalam peluncuran Zabivaka dan ia mengaku kagum. “Maskot adalah duta hebat untuk mempromosikan acara dan menghadirkan sukacita di stadion,” “Saya sudah bisa meramalkan itu terjadi di Rusia bersama Zabivaka. Ia pasti akan diingat untuk waktu yang lama oleh fans sepakbola seluruh dunia.”

10. Zabivaka digambarkan memakai kacamata olahraga yang keren saat beraksi. Kacamata tersebut diyakininya bisa memberi kekuatan lebih dalam akurasi di atas lapangan. Ditambah lagi, ia suka melakukan swafoto atau yang lebih sering dikenal dengan istilah selfie.

Tonton video aksi Zabivaka di sini:

Say hello to Zabivaka™, the Official Mascot of the 2018 FIFA World Cup™!