Faktanya, Bersin Dapat Membuat Retak Tulang Iga

Faktanya, bersin dapat membuat retak tulang iga. Refleks alamiah tubuh dalam membersihkan rongga hidung saat kotor ialah “bersin”. Tujuan dari bersin ini ialah untuk menjaga agar hidung tetap bersih (cleansing effect). Kegiatan yang mungkin terkesan sederhana ini ternyata dapat berbahaya bagi tubuh manusia, salah satunya dapat menyebabkan tulang iga retak! Kenapa?

Saat bersin, baik lendir maupun benda-benda asing yang ada di dalam mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan kira-kira 100mil/jam atau setara dengan 160km/jam. Jadi, kalau kamu sering melakukan bersin dengan hentakan suara yang kuat dan keras (yang cenderung dipaksakan), hal ini akan berakibat tulang iga-mu. Tidak menutup kemungkinan tulang iga dapat retak (meskipun tidak sampai patah).

Selain itu, terdapat beberapa fakta yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya terkait bersin:

  1. Pada masa kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita akan menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Setelah kita selesai bersin, maka jantung kita akan berdetak kembali.
  2. Seseorang yang bersin mampu melontarkan sekitar 40.000 butir air yang berisi ratusan ribu kuman dalam sekali bersin.
  3. Mencabuti alis mata akan memicu terjadinya bersin. Hal ini dikarenakan alis mata masih mempunyai hubungan dengan syaraf di sekitar hidung.
  4. Berdasarkan survei, satu dari empat orang mengalami bersin di bawah paparan sinar matahari. Fenomena ini dinamakan dengan photic sneeze reflex. Para ahli menyakini bahwa penyebab dari fenomena ini adalah kesalahan otak dalam menerima perintah dari pupil mata karena sinar matahari.
  5. Di saat tidur tubuh kita dalam kondisi istirahat, begitupun syaraf di sekitar hidung, jadi ketika tidur hampir tidak mungkin kita akan mengalami bersin.
  6. Jangan menahan bersin, karena hal itu akan membuat gendang telinga rusak dan juga berisiko mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher.
  7. Rekor bersin terbanyak dimiliki oleh Donna Griffiths dari Worcesthaire, Inggris. Dia mengalami bersin selama 978 hari dengan sekali bersin tiap menitnya.