Faktanya Warna Asli Kulit Zebra Bukan Hitam & Putih

Faktanya warna asli kulit Zebra bukanlah hitam & putih. Bicara tentang hewan bernama Zebra, tentu yang langsung terlintas di pikiranmu ialah warna belang zebra (hitam dan putih). Namun, pernakah terpikirkan olehmu kalau sebenarnya zebra tidak berwarna kulit belang hitam putih?

Faktanya, warna kulit Zebra ialah hitam. Lalu, bagaimana dengan warna putih yang ada di tubuh Zebra? Tidak seperti totol-totol yang terdapat di tubuh Macan Tutul, belang pada tubuh Zebra dapat berubah-ubah. Zebra yang berada di tempat bersuhu lebih hangat, akan memiliki banyak belang pada tubuhnya.

Berdasarkan jurnal “Royal Society Open Science, fenomena tersebut menunjukkan bahwa salah satu alasan belang pada kulit Zebra bertujuan untuk menjaga suhu tubuh Zebra dari cuaca yang ada.  Selain itu ternyata belang tersebut juga berguna sebagai alat penyamaran untuk melindungi diri dari predator di luar sana dan sebagai tanda pengenal bagi sesama Zebra.

Adapun fakta-fakta lain terkait Zebra ialah:

  1. Terkecuali Zebra yang ada di kebun binatang, Zebra hanya dapat ditemui di habitat aslinya, Afrika.
  2. Sama seperti sidik jari manusia, pola garis Zebra unik untuk tiap individu, jadi tidak ada yang sama.
  3. Zebra mempunyai sifat sosial, dan hanya akan pergi tidur jika mereka dekat dengan tetangga sehingga mereka dapat berhati-hati jika ada pemangsa mendekati. Mereka juga lebih memilih untuk merumput bersama-sama dan akan berkumpul satu sama lain.
  4. Zebra bisa berlari hingga 65km/jam. Mereka menggabungkan ini cepat berjalan dengan stamina yang prima dan zig-zag gerakan untuk mencoba dan menghindari predator yang mengejar mereka.
  5. Zebra yang hidupnya berkelompok disebut dazzle.
  6. Zebra memiliki sistem perlindungan yang unik. Jika salah satu anggotanya cedera atau hingga terkapar, maka kerumunan terdekatnya akan melindunginya dengan cara mengelilinginya membentuk pagar. Tujuannya untuk mengaburkan predator yang sedang mengincar.
  7. Meskipun beberapa Zebra bisa dijinakkan, namun pada dasarnya mereka adalah hewan liar, tidak bisa diprediksi, dan terkenal karena bisa menyerang manusia kapanpun bila terganggu.