Fenomena Bulan, dari yang Super hingga ke Merah

Fenomena Bulan, dari yang super hingga ke merah. Jika kalian melihat berita-berita yang ada, kalian pasti sudah tahu bahwa ada dua fenomena bulan yang terjadi di bulan Januari ini. Fenomena bulan pertama sudah terjadi di tahun baru lalu sampai tanggal 2 Januari. Fenomena itu disebut Supermoon, atau bulan super. Fenomena kedua terjadi pada tanggal 31 Januari mendatang. Nah, banyak orang mengatakan bahwa fenomena yang terjadi pada tanggal 31 itu adalah bulan super, ada juga yang bilang Blue moon, dan ada juga yang bilang Blood moon. Bingung? Ada baiknya kita mengetahu perbedaan di antara ketiganya.

Bulan super merupakan fenomena bulan yang terjadi ketika bulan purnama berada pada titik orbit yang dekat dengan bumi. Karena berada di titik terdekatnya, bulan akan tampak lebih terang kira-kira sebesar 30 persen dan akan terlihat lebih besar sekitar 14 persen dari biasanya. Kata kuncinya di sini adalah terlihat lebih besar.

Sementara itu, Blue moon atau bulan biru memiliki dua definisi. Pertama, bulan biru adalah fenomena bulan purnama ketiga dari empat bulan purnama. Kedua, bulan biru adalah fenomena bulan purnama kedua dalam satu bulan. Bulan biru tidak selamanya berwarna biru. Bulan bisa juga terlihat berwarna abu pucat dan putih seperti bulan biasanya.

Blood moon merupakan sebutan untuk fenomena gerhana bulan total, di mana bulan terlihat berwarna merah. Gerhana bulan total sendiri adalah fenomena yang terjadi ketika seluruh piringan bulan purnama melintasi bayangan utama Bumi.

Lalu fenomena apa yang akan terjadi pada tanggal 31 Januari? Menurut beberapa para ahli, fenomena yang terjadi adalah fenomena Super Blue Blood Moon. Ya, bulan bisa saja menunjukkan penampakan seperti tiga fenomena bulan di atas.

Sudah siap melihat fenomena bulan unik ini?