Google Drive Tidak Bisa Digunakan Maret 2018

Google Drive Tidak Bisa Digunakan Maret 2018. Siapa yang tidak kenal dengan Google? Google memiliki perangkat yang juga dikenal bernama Google Drive (layanan cloud storage). Fungsinya ialah menyimpan file-file kita di server Google dan kita bisa mengakses kapanpun, bahkan bisa memberikan akses ke orang lain yang ingin menggunakannya juga. Namun, baru-baru ini Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menghilangkan aplikasi Google Drive untuk perangkat Windows dan MacOS. Dukungan layanan Google Drive untuk desktop tersebut juga akan dihentikan pada 11 Desember 2017. Selanjutnya Google akan benar-benar menghapus Google Drive desktop pada 12 Maret 2018 mendatang.

Lantas bagaimana dengan data-data yang biasa kamu gunakan dan taruh di Google Drive? Lalu buat kamu yang sudah terbiasa dan merasa praktis dengan adanya Google Drive ini harus melakukan apa? Jangan khawatir dengan hal ini. Pasalnya, yang ditutup bukanlah layanan penyimpanan cloud miliknya, namun hanya untuk aplikasi desktop Windows dan MacOS.

Pada Google Drive, pengguna akan mendapatkan storage sebesar 15 GB secara gratis. Jika merasa kurang, pengguna bisa menambah storage tersebut mulai dari 100 GB, 1 TB, 10 TB, bahkan 30 TB dengan biaya yang bervariasi.

Google mengatakan bahwa pengguna yang menggunakan Drive di PC akan mulai menerima pemberitahuan ini pada Oktober. Perusahaan mengalihkan pengguna pada dua layanan pengganti, yakni untuk kalangan bisnis atau konsumen.

Meski aplikasinya telah ditutup, Drive dipastikan tidak menghilang. Pengguna tetap bisa mengaksesnya dari situs, aplikasi mobile atau layanan baru yang disebut Backup and Sync.

Google Backup and Sync ini tersedia untuk Mac dan Windows. Kamu dapat membuat seluruh data yang ada di dalam komputer, folder, atau berbagai lokasi spesifik lainnya, bisa di monitor dan di-backup ke dalam Google Drive.

Tidak perlu khawatir dengan dokumen yang sudah kamu simpan di layanan tersebut, kamu hanya perlu instal aplikasi penggantinya. Menggunakan nama Backup and Sync, aplikasi pengganti dari Google Drive ini juga sekaligus berfungsi sebagai backup dokumen foto dan video. Intinya Backup and Sync adalah pengganti untuk aplikasi Google Drive dan Google Photos yang lebih mudah digunakan dan semuanya bisa diakses dalam 1 tempat.

Sebagai catatan tambahan, Google juga saat ini sedang mengembangkan satu lagi aplikasi untuk layanan cloud service mereka, khususnya bagi pengguna kalangan perusahaan. Menggunakan nama Drive File Stream, aplikasi ini punya beberapa pengaturan yang tidak ada di Backup and Sync dengan tujuan untuk menghemat pemakaian storage internal di komputer kamu.

Contohnya adalah mode Stream on Demand alias akses dokumen pilihan di cloud service dari Google tanpa perlu mengunduh semuanya dalam satu folder. Kamu juga bisa akses bagian Team Drives alias dokumen yang dibagikan oleh teman atau rekan kerja lewat layanan tersebut. Masih ada beberapa penjelasan lainnya dari Google untuk perbedaan layanan Drive File Stream untuk pengguna dalam skala tim kerja dan juga aplikasi Backup and Sync sebagai layanan cloud service untuk personal.

Fitur tersebut adalah program baru yang dijanjikan akan menyerap lebih banyak data dan sekaligus secara otomatis juga bekerja seperti aplikasi Google Photos Desktop Uploader. Pada dasarnya, Backup and Sync ini berfungsi layaknya Drive. Pada intinya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan layanan penyimpan awan (cloud) lebih besar sehingga perangkat hanya menjadi alat untuk mengambil, membuat, mengedit atau membagikan file.