Hilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Hilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi. Semua orang tentu setidaknya sekali dalam hidupnya pernah merasakan yang namanya jerawat. Umumnya, jerawat itu sakit dan akan menimbulkan bekas. Pernahkah kamu mendengar jerawat dapat dihilangkan dengan pasta gigi? Mitos ataukah fakta hal tersebut?

Pasta gigi disebut-sebut bisa mengeringkan jerawat. Keberhasilan tersebut pun menjadikan pasta gigi sebagai salah satu trik mudah bila perawatan jerawat yang biasanya tiba-tiba menjadi tidak ampuh. Namun, apakah sebenarnya trik ini benar-benar efektif? Apakah banyak memberikan manfaat daripada kerugian ataukah sebaliknya?

Pada dasarnya, pasta gigi mengandung beberapa bahan tertentu yakni baking soda, hydrogen peroxide, alkohol, menthol, minyak esensial, dan triclosan, yang bisa engeringkan jerawat. Namun, tidak ada bahan-bahan di pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif daripada metode konvensional seperti yang dikemukakan oleh Dr. Neal Schultz, dermatologist asal New York.

Dr. Rebecca Baxt, seorang dermatologist yang juga berasal dari New York, mengatakan bahwa reaksi yang ditimbulkan bisa parah dan menimbulkan breakout. Di mana pasta gigi itu untuk gigi, bukan kulit. Ini bisa mengiritasi kulit dan dianggap sebagai kelebihan karena mengeringkan jerawat. Sebenarnya yang terjadi adalah iritasi dan kemerahan bahkan pengelupasan.

Kemungkinan jerawat akan kering dan menghilang itu bisa saja, namun Dr. Rebecca dan Dr. Neal tetap tidak menyarankan karena reaksi yang didapatkan bisa lebih parah dari hanya sekadar pengeringan jerawat itu sendiri. Dibandingkan menggunakan pasta gigi, lebih baik gunakan salep benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk menyembuhkan sekaligus mencegah jerawat.

Benzoyl peroxide dan salicylic acid memang bahan yang dapat menyembuhkan jerawat dan lebih aman daripada pasta gigi. Salicylic acid memiliki formula yang tidak hanya menyembuhkan jerawat, namun juga memberikan efek menenangkan kulit karena memiliki antiinflamasi. Benzoyl peroxide sendiri akan bekerja dengan sangat baik bila diaplikasikan dalam dosis yang tepat. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk menyembuhkan segala jenis jerawat, dari blackhead, whitehead, hingga jerawat cystic.

Suatu survey di Amerika mengungkapkan 75% remaja percaya kalau pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat. Hal lain yang menarik lagi ialah para remaja tersebut setidaknya pernah mencoba menggunakan pasta gigi sebagai obat untuk menghilangkan jerawat.

Umumnya para remaja menggunakan pasta gigi untuk mengeringkan jerawat mereka dengan cepat. namun sayang nya mereka tidak tahu kalau pasta gigi yang di oleskan kepada bagian wajah mereka akan membuat wajah menjadi merah dan dan membengkak.

Sebagian orang yang percaya dengan adanya pasta gigi mampu membantu menghilangkan jerawat ialah karena mereka berpikir bahwa penggunaan pasta gigi dapat membunuh bakteri bau nafas pada gigi hal ini juga dapat berlaku pada bakteri penyebab jerawat.

Namun faktanya adalah pasta gigi tidak di rancang untuk di letakkan pada bagian kulit dan di tambah lagi ramuan untuk mengendalikan bakteri gigi juga tidak tersedia.

Tetapi pada tahun 2016 Food and Drug Administration (FDA) dari Amerika Serikat melarang penggunaan triclosan di sabun tangan dan sabun tubuh.

Hal ini karena ditemukan efek samping yang akan terjadi dalam waktu jangka panjang. Namun penggunaan triclosan pada pasta gigi hanya efektif mengurangi plak dan radang gusi.

Penggunaan pasta gigi pada kulit wajah juga akan membuat wajah menjadi terganggu. Resiko terbesarnya adalah wajah menjadi iritasi dan kemerahan dalam kebanyakan kasus wajah akan menjadi meradang karena penggunaan pasta gigi yang tidak sesuai dengan kulit wajah.

Pasta gigi mengandung triclosan dalam jumlah tertentu yang pemakaiannya ditujukan untuk gigi. Untuk itu tidak dibenarkan untuk memakai pasta gigi pada kulit karena bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Untuk mengatasi efek ini maka pemakaian pasta gigi pada jerawat harus sangat sedikit. Bahkan Anda tidak boleh melakukan perawatan ini terlalu sering yaitu maksimal 2 kali dalam satu minggu.

Kamu harus selalu lakukan uji reaksi kulit sebelum memakai pasta gigi untuk obat jerawat. Pasta gigi banyak mengandung bahan kimia seperti hidrogen peroksida, bahan menthol, dan beberapa senyawa lain. Untuk mengetahui reaksi kulit terhadap pasta gigi maka kamu sebaiknya melakukan pengujian. Ambil satu tetes pasta gigi dan terapkan pada ujung pergelangan tangan. Bila sampai keesokan harinya tidak ada reaksi maka kulitmu maka kamu bisa mencoba perawatan ini.