Hindari Minum Kopi di Pagi Hari

Hindari Minum Kopi di Pagi Hari. Buat kamu mungkin yang terbiasa mengenal istilah morning coffee mungkin harus mulai mengubah pola waktu minum kopi kamu deh. Karena minum kopi di pagi hari ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kapan kamu minum kopi pun berpengaruh sama manfaat kesehatannya. Buat penikmat kopi yang juga pengen sehat, ada baiknya perhatikan waktu ideal supaya kamu bisa dapat manfaat terbaik dari secangkir kopi. Nah yang cukup mengejutkan, waktu terbaik minum kopi itu justru bukan seperti anggapan orang selama ini. Jadi sepertinya istilah morning coffee harus diubah deh.

Berbagai penelitian medis memang menyatakan bahwa kebiasaan minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, liver, sampai kanker. Tentu saja yang dimaksud dalam banyak jurnal kesehatan itu bukan kopi sachet, yang justru lebih banyak campuran gula dan krimnya melainkan kopi hitam asli.

Sebenarnya, tubuh kita itu bisa secara alami memproduksi kafein loh! Hormon bernama cortisol yang ada di dalam tubuh kita memiliki fungsi mirip dengan kafein yaitu membuat kita terjaga. Nah, produksi hormon ini tuh mengikuti jadwal biologis badan kita. Salah satu waktu produksi cortisol tertinggi adalah ketika kita bangun tidur. Maka dari itu, sebenarnya kita nggak butuh kafein buatan sehabis bangun tidur di pagi hari. Kalau mau lebih terjaga lagi, langsung keluar aja untuk dapat sinar matahari dan olah raga pagi. Itu cara terbaik mendapatkan ‘kafein’ di pagi hari.

Produksi hormon kafein di dalam tubuh ini berlangsung 3 kali sehari. Seperti yang diinfokan oleh www.thescienceofearth.com. Kalau mau minum kopi, sebaiknya ya menghindari waktu-waktu itu, agar produksi ‘kafein’ alami badan kita nggak terbuang sia-sia.

Minum kopi di saat-saat puncak cortisol akan mengganggu dan mengurangi kemampuan badan kita untuk memproduksi hormon ini secara alami. Alhasil, kita jadi merasa jauh lebih membutuhkan kopi.

Buat kamu yang mau tidur nyenyak, hindari minum kopi menjelang waktu tidur. Kalau dihitung-hitung dari waktu terakhir produksi cortisol dan jam tidur, kopi terakhirmu harusnya tidak lebih dari jam 5 sore. Itu kalau kamu pengen bisa tidur dengan nyenyak. Ya logikanya kalau malam badan memang harus diistirahatkan. nah kalau kamu baru minum kopi di malam hari, jelas bakal lebih sulit untuk kembali ‘menidurkan’ badanmu.

Namun semua aturan ini ialah buat yang bergaya hidup normal (di mana bangun pagi hari dan tidur di malam hari). Tentu buat orang-orang yang jam kegiatannya terbalik karena tuntutan profesi misalnya, tentu akan berbeda juga pola minumnya. Tapi, prinsipnya jangan minum kopi begitu bangun tidur, jam berapa pun itu. Berikanlah kesempatan buat badanmu memproduksi ‘kafein’ alaminya. Kamu boleh jadi penikmat kopi, tapi juga harus tau waktu-waktu yang tepat untuk mengoptimalkan manfaat yang terdapat di kandungan kopi yah.