Inilah Perang Tersingkat Di Dunia. Kurang Dari Satu Jam!

Biasanya yang namanya perang akan berlangsung selama berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya. Tapi tahukah anda, ada satu perang yang terjadi tidak sampai satu jam!

Yup, dengan durasi perang yang HANYA 38 menit, inilah perang paling singkat dalam sejarah manusia, yaitu perang Zanzibar melawan Inggris.

Perang ini berawal ketika sultan Zanzibar yang pro Inggris meninggal dunia pada 25 Agustus 1896. Keponakan dari Sultan Zanzibar, Khalid bin Bargash melakukan kudeta dan berhasil mendapat kekuasaan kesultanan Zanzibar dan memberontak melawan Inggris. Pihak Inggris mengultimatum Bargash agar turun tahta dan melepas kepemimpinannya, namun ditolak.

Bargas justru semakin melawan dengan menyiapkan armada perang, termasuk kapal milik sultan HHS Glasgow dan membentengi istana. Mengetahui hal itu, pihak Inggris menyiapkan 2 batalion tentara dan 5 kapal perang modern.

Pihak Inggris kemudian memberi batas waktu Bargas untuk menyerah hingga 27 Agustus 1986 pada jam 09:02 waktu setempat. Karena Bargas masih belum bersedia memenuhi tuntutan untuk turun tahta, pihak Inggris menyerang dan menenggelamkan kapal sultan serta menghancurkan. Tercatat sekitar 500 orang menajdi korban serangan Inggris.

Tepat pada pukul 09:04 waktu setempat di hari yang sama, Inggris berhasil memenangkan perang dan menguasai Zanzibar. Bargas tercatat melarikan diri sebelum kekalahan itu dan bersembunyi serta mencari suaka di kedutaan besar Jerman.