Iron Throne Dibuat dari 387 Pedang!

Iron Throne dibuat dari 387 pedang! Sayangnya, ini hanyalah replika atau tiruannya saja. Buat kamu pecinta ‘Game of Thrones’ (GoT) pasti familiar dengan istilah ‘Iron Throne’. Iron Throne ialah kursi tahta besi yang diperebutkan dan hanya mampu diduduki oleh orang kuat dan berkuasa yang ada dalam seri GoT. Kalau selama ini kamu hanya melihat kursi tersebut melalui serial TV yang diangkat dari buku karya George R.R. Martin tersebut, kali ini kamu bisa melihatnya secara sungguhan (bukan properti film semata). Kursi keramat tersebut diwujudkan ke dunia nyata dengan menggunakan 387 pedang yang disatukan.

Dari sekian banyak serial televisi milik HBO, cuma GoT yang bisa habiskan dana hingga Rp 1,3 triliun untuk setiap episodenya. Alasannya, HBO nggak ingin main-main dengan tampilan visual dari serial ini. Jadi, wajar kalau salah satu yang iconic di serial ini ialah Iron Throne.

Iron Throne yang mirip dengan aslinya ini merupakan karya dari beberapa seniman asal Blagoveshchensk, Rusia yang tergabung dalam The Association of Artisans of Blagoveshchensk and the Amur Region. Para seniman Rusia yang terdiri dari pandai besi, las, dan lainnya tersebut mewujudkan Iron Throne yang terbuat dari 387 pedang dengan waktu pembuatan sekitar tiga bulan dan dana yang dihabiskan kurang lebih sebesar USD 8 ribu atau setara dengan Rp 106 jutaan.

Awalnya Iron Throne ini diletakkan di sebuah taman di kawasan Blagoveshchensk, namun karena terbuat dari pedang yang runcing dan tajam pada akhirnya Iron Throne ini akan ditempatkan di sebuah museum yang ada di Rusia. Iron Throne ini juga akan dimasukkan dalam Guinness Record.

Di bawah ini merupakan perbandingan Irone Throne di film GoT (foto kiri) dengan yang dibuat oleh seniman Rusia (foto kanan). Bagaimana menurutmu? Cukup miripkah?