Kamu Pasti Betah Berada di Toilet Umum Ini

Kamu Pasti Betah Berada di Toilet Umum Ini. Apa sih yang ada di benak kamu kalau kamu terpikirikan toilet umum? Tentu kalau tidak terlalu kepepet, kamu pasti malas kan untuk menggunakan toilet umum? Bukanlah hal yang aneh ketika toilet umum berpenampilan kotor, bau, intinya seperti tidak layak untuk digunakan. Namun, ternyata anggapan tentang toilet umum seperti itu harus kamu lupakan di beberapa tempat ini. Mungkin malah toilet-toilet umum ini jauh lebih bagus dibandingkan toilet umum di rumahmu.

1. Kumutoto – New Zealand

Tepatnya terletak di Wellington, Selandia Baru, terdapat 2 bangunan unik berbentuk seperti siput besi merah atau semacam arthropoda. Jangan takut, karena ini bukanlah monster mengerikan seperti di film-film, melainkan sebuah toilet umum. Kumutoto adalah 2 toilet umum yang dirancang oleh Studio Pacific Architect. Memang diakui oleh semua orang bahwa Kumutoto merupakan toilet umum paling aneh di dunia. Bentuknya sangat iconic, visible, dan mudah dikenali, menjadikannya sebagai toilet umum yang sangat terkenal. Di dalamnya, toilet umum ini didesain minimalis dan tentu sangat bersih.

Menurut para perancang, toilet ini didesain dengan mempertimbangkan pertimbangan praktis seperti keamanan, kebersihan dan vandalisme, oleh karenanya toilet diciptakan strukturnya dengan bentuk patung. Hal ini menjadi Sesuatu yang ikonik, sangat terlihat dan tidak biasa.

2. Hiroshima Park Restroom – Jepang

Didesain oleh Future Studio, toilet umum berwarna cerah tersebut melambangkan budaya dan seni origami yang menjadi salah satu ciri khas Jepang. Dengan tipografi sederhana dan anggun, Hiroshima Park Restroom ingin menunjukkan nilai-nilai yang ada di Jepang, yaitu: teratur, disiplin, dan kelembutan. Tipografi tersebut jika dilihat dari belakang sisi yang berwarna, akan terlihat seperti perahu kertas.

Bangunan kecil di taman kota Hiroshima ini memiliki bentuk unik, yaitu segitiga. Atapnya berupa segitiga sama kaki yang miring dan meruncing ke arah utara. Atap tersebut terbelah jadi dua, untuk menciptakan view persis seperti layar perahu kertas.

Di seluruh taman Kota Hiroshima, terdapat 17 toilet berbentuk serupa, tapi terdiri dari beragam warna, mulai dari kuning cerah, oranye, biru, pink, hijau, dan warna lainnya. Warna-warni ini mewakili karakter kertas origami.

3. JinHua Architecture Park – China

China memiliki sebuah taman khusus bangunan arsitektur yang terletak di Jinhua, Provinsi Zhejiang. Di dalamnya, terdapat banyak bangunan berbentuk unik dengan arsitektur modern, salah satunya adalah toilet umum. Ada 4 toilet umum yang dibangun saling membelakangi. Atapnya sengaja dibuat berlubang (sebenarnya lebih tepat jika dikatakan tanpa atap), untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya. Menurut rencana, seharusnya di setiap muka toilet terdapat pohon yang memfilter jumlah panas matahari dan air hujan yang masuk melalui atap. Tapi, jika kamu lihat, nyaris tidak ada pohon di bagian depannya. Dibandingkan toilet lainnya, toilet umum ini berukuran paling kecil dan saling terpisah. Ternyata, ini untuk menjaga privasi setiap pengguna.

4. Stegastein Lookout – Norwegia

Karena menginginkan pemandangan yang lebih spektakuler, toilet umum di Norwegia ini pasti membawa kue. Terletak di Stegastein di sepanjang salah satu Rute Nasional Rute Nasional ‘Aurlandsfjellet’, toilet sejajar dengan desain minimalis dari pengamatan itu sendiri.

Bangunan toilet terletak di tepi tebing yang menciptakan efek dramatis dan memungkinkan pengguna melihat-lihat fjord untuk melihat pemandangan, namun tidak ada kesempatan bagi orang luar untuk melihat. Toiletnya adalah beton bercat hitam yang terlihat sangat tajam. Dibandingkan dengan blues dan hijau alam sekitarnya.

5. Minturn Mining Toilet – Amerika Serikat

Kota kecil Minturn, Colorado, dua jam di sebelah barat Denver, segar dalam daftar untuk pembuatan unik dan fungsional dari toilet yang dibuat dengan menggunakan teknologi 3D. Kota ini didirikan pada tahun 1904 dan membawa sejarah pertambangan yang kaya.

Pembangunan toilet dimaksudkan untuk mewakili jalan masuk ke tambang Rocky Mountain. Rias kayu berukir, kupu-kupu baja dan dinding berwarna tembaga membuat kunjungan menarik. Kamar kecil berharga $ 100.000 untuk dibangun dan kota tersebut baru saja memenangkan $ 2.500 untuk persediaan pembersih untuk toilet juara mereka.

6. Transparent Toilet – Swiss

Toilet transparan di Swiss ini adalah salah satu toilet yang membuat kita grogi. Bukan hanya struktur kaca dua arah, desain khusus ini telah diciptakan dengan LCD Privacy Glass dimana dindingnya hanya berputar buram saat mengunci pintu.

Perancang, Olivier Rambert dari Oloom, merancang toilet sebagai eksperimen sosial dan menguji keberanian pengguna, memenangkan kompetisi RSA pada tahun 2002 untuk proyek ‘Toilet with a View’. Sejak mengusulkan proyek tersebut, sebuah kesempatan muncul untuk menciptakan toilet pertama setahun kemudian.

7. Centennial Park Amenities – Australia

Di bidang keindahan alam seperti taman, toilet seringkali bisa menjadi sedikit kebutuhan yang tidak menguntungkan. Solusi perancangannya berbeda, mulai dari membuat toilet yang terlihat seperti cottage kecil yang aneh hingga yang tersembunyi oleh pepohonan atau underground. Tapi saat merancang toilet umum untuk Centennial Park di Sydney, Arsitek Lahz Nimmo memutuskan untuk mengambil pendekatan yang lebih jujur, bergantung pada prinsip-prinsip arsitektur untuk menciptakan bangunan modern sederhana yang tidak mengurangi keindahan alam taman.

Toilet laki-laki dan perempuan dibagi menjadi dua paviliun yang dihubungkan oleh atap terusan. Ruang yang dibuat antara paviliun tersebut bertindak sebagai titik pusat masuk ke fasilitas. Baskom tangan berbentuk bak beton yang dipoles dan berada di ruang komunal pusat ini yang memberikan pengalaman unik bagi pengguna untuk mencuci tangan dan melihat ke Taman Nasional. Ruang komunal eksternal ini juga memberikan rasa aman, pengawasan dan tempat tinggal selama hujan.