Kastil “The Lost World” di Indonesia

Kastil “The Lost World” di Indonesia. Buat kamu yang mungkin familiar dengan “The Lost World” tentu akan mengingatkanmu dengan judul film fiksi ilmiah yang kaitannya dengan Dinosaurus? Di Indonesia ternyata ada loh kastil yang memiliki nama serupa dengan judul film tersebut.

Kastil ini diberi nama “Dunia yang Hilang” karena pihak pengelola memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan edukasi tentang erupsi besar Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun silam. Erupsi dahsyat tersebut meluluh-lantakkan desa-desa di sekitar lereng Gunung Merapi, dan menyebabkan lenyapnya Desa Kepuharjo. Kastil “The Lost World” ini bisa kamu temui di Jogja tepatnya di Cangkringan, Sleman.

Berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menyaksikan kegagahan gunung Merapi secara jelas jika cuaca sedang cerah atau tidak berkabut. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi atau sore hari karena cuaca sangat sejuk dan udaranya segar. Kamu bisa berfoto di pelataran atau di dalam area bangunan. Selain berfoto ria, keasyikan lainnya adalah kamu bisa menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Dan saat senja hari, kamu juga bisa menyaksikan indahnya sunsets di ufuk barat yang pastinya menyajikan pesona yang luar biasa.

Ternyata, pada awalnya tempat ini dijuluki Benteng Takeshi, dan ada juga yang menyebutnya Tembok Besar China (Great Wall) Cangkringan. Akan tetapi pada akhirnya nama resminya adalah The Lost World Castle.

Tidak hanya benteng ala ala kastil saja yang ada di “The Lost World Castle” ini. Kamu kenal “Stonehenge”? Situs batu prasejarah terkenal di Inggris yang jadi salah satu latar lokasi film fiksi ilmiah terkenal “Narnia”? Di “The Lost World Catle” ini pun juga ada Stonehenge KW.

Bangunan-bangunan di dalamnya masih tergolong baru, jadi belum banyak fasilitas yang disediakan. Namun lokasi-lokasi untuk ber swafoto, foto keluarga maupun prewedding menjadi andalan utama dari tempat wisata ini. Sedangkan fasilitas fasilitas pendukung seperti tempat istirahat, warung makan, oleh-oleh dan toilet sudah tersedia di tempat ini.

Selain itu, tempat ini sudah terintegrasi dengan jasa transportasi wisata jeep wisata merapi yang siap mengantarkan kamu ke The Lost World Castle sekaligus dengan pemandu wisatanya.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat ini memang harus membayar retribusi wisata Kali Adem dahulu, baru dapat menikmati berwisata di The Lost World Castle yang buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.30 pada hari Senin hingga Jumat, dan buka satu jam lebih awal pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk biaya masuknya sendiri, pengelola menerapkan tarif sebesar Rp 60.000.