Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria!

Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria! Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia. Kanker sendiri memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah kanker payudara. Kanker payudara memang sering dikaitkan dengan perempuan. Namun, jangan salah, jenis kanker ini juga bisa mengenai pria loh! Sel kanker dapat berkembang di jaringan payudara kecil pria, atau lebih tepatnya di bagian belakang puting.

Bagi para pria, kalian juga harus mewaspadai kanker payudara. Gejala awal kanker payudara pada pria sama dengan yang dialami perempuan yaitu terdapat benjolan keras pada salah satu dada dan benjolan tersebut tidak mengakibatkan rasa sakit. Benjolan biasanya berada di bawah puting dan aerola. Selain benjolan, terdapat juga gejala-gejala lain yang mungkin terjadi, antara lain puting masuk ke dalam atau retraksi, puting menjadi keras serta timbul iritasi, dan juga keluarnya cairan dari puting.

Nah, gejala yang terjadi setelah kanker menyebar juga berbeda. Penyebaran kaknker dari satu payudara ke bagian tubuh lain seperti tulang, hati, atau paru-paru biasanya diesebut sebagai kanker payudara metastasis. Gejalanya adalah tulang terasa sakit, terdepata pembengkakan pada kelenjar limpa atau sekitar ketiak, nafas menjadi pendek, merasa sakit dan capek setiap saat, serta kulit menjadi gatal dan menguning.

Penyebab kanker payudara pada pria juga beragam, mulai dari umur, memiliki sejarah kanker, atau obesitas. Ada baiknya jika kanker payudara diatasi secepat mungkin, karena seperti kanker-kanker lain, jika terlambat maka akan sulit untuk mengobatinya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalian bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dengan mengurangi konsumsi alkohol dan juga menjaga berat badan dengan makanan yang sehat serta rajin berolahraga.

Merasa ada benjolan di sekitar payudara kalian? Segera perika sebelum terlambat!