Komodo Betina Tak Butuh Pejantan Untuk Bertelur!

Komodo atau kerap dikenal sebagai Komodo Dragon merupakan hewan terlindungi kebanggaan bangsa Indonesia. Hewan reptil raksasa yang ganas ini bukan hanya dapat memakan daging hingga 80% berat badannya, Komodo juga tercatat telah membunuh sekitar empat manusia selama 41 tahun belakangan ini.

Namun, tahukah kamu bahwa Komodo memiliki kemampuan yang lebih unik dibandingkan hewan lainnya? Ternyata, Komodo betina tidak memerlukan pejantan untuk kawin demi membuahi telurnya! Ya, telah tercatat Komodo betina dapat bertelur tanpa bantuan Komodo jantan yang tampan di dekatnya.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Rupanya Komodo memiliki mekanisme pembuahan telur bernama Phartenohenesis yang juga dapat ditemui di jenis hewan kadal tertentu. Bukannya mengandalkan sperma dari pejantan, sel telur dapat saling membuahi dan menghasilkan keturunan baru.

Jadi, selama masih tersisa satu Komodo betina di muka Bumi ini, maka spesies kadal raksasa tersebut tidak akan pernah punah. Sebab, terbukti di atas bahwa keberadaan pejantan tidak terlalu penting dalam menghasilkan keturunan baru. Tentu saja bila manusia tidak campur tangan dalam kepunahannya!