Konsumsi 11 Makanan Ini untuk Menurunkan Kolesterol Jahat!

Konsumsi 11 Makanan Ini untuk Menurunkan Kolesterol Jahat! Meski semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya, kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit dan dapat menyumbat aliran darah. Kolesterol sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang baik dan penting bagi tubuh, yaitu sebagai bahan penyusun hormon dan bahan membran atau dinding sel dalam tubuh. Terdapat 2/3 kolesterol di dalam tubuh yang diproduksi di hati atau di usus, dan sisanya didapat dari makanan yang kita konsumsi.

Menerapkan pola hidup yang baik adalah cara untuk menjaga kadar kolesterol. Berolahraga, menjaga berat badan, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, serta memakan makanan yang sehat ialah cara lainnya. Nah, untuk kalian yang kebingungan makanan apa saja yang harus dikonsumsi, berikut kami berikan 11 makanan dapat menurunkan kolesterol jahat.

1. Oat atau Gandum

Mengkonsumsi oats atau gandum dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 5,3 persen, dikarenakan zat yang terkandung di gandum dapat menyerap kolesterol buruk yang akan dikeluarkan oleh tubuh nantinya.

2. Salmon

Salah satu jenis ikan ini mengandung Omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan dan menurunkan kolesterol jahat. Menurut studi mengenai salmon, ikan jenis ini memiliki lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak empat persen.

3. Kacang-kacangan

Memakan kacang-kacangan, misalnya kacang kenari, sebanyak 1,5 ons dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 9,3 persen.

4. Teh

Selain mengurangi penyakit jantung koroner dan melawan kanker, teh, terutama teh hitam, mampu mengurangi lipid dalam darah hingga 10 persen.

5. Biji-bijian

Biji-bijian juga menjadi makanan yang mengurangi kolesterol jahat karena makanan ini mengandung serat yang memang terbukti memperlambat penyerapan kolesterol.

6. Cokelat

Siapa di sini yang tidak suka cokelat? Cokelat yang mengandung antioksidan ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat loh.

7. Margarin

Margarin yang terbuat dari sterol tumbuhan mampu menurunkan kolesterol hingga 3,5 persen.

8. Bawang Putih

Selain manfaat-manfaat lainnya, bawang putih juga bisa menurunkan kolesterol jahat.

9. Minyak zaitun

Lemak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol.

10. Bayam

Banyak lutein yang terkandung dalam bayam juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

11. Alpukat

Lemak yang terdapat dalam alpukat sudah terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol.