Kulit Pisang Banyak Manfaatnya, Jangan Dibuang!

Kulit Pisang Banyak Manfaatnya, Jangan Dibuang! Kalau selama ini kamu terbiasa membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, mungkin kamu harus perlu tahu kalau kulit pisang itu memiliki banyak manfaat loh!

1. Menghilangkan Jerawat

Buat kamu yang memiliki permasalahan kulit wajah sensitive bahkan hingga menyebabkan jerawat di, kamu harus mencoba mengatasinya dengan kulit pisang. Kulit pisang mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalim yang terdapat didalamnya. Salah satu manfaatnya, dapat menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit pisang ini juga dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, kamu cukup mengambil kulit pisang yang masih kuning  lalu gosok – gosokkan pada muka dan jika sudah menghitam ambil lagi dan ulangi. Lakukan kurang lebih 10 menit dan biarkan 30 sampai 1 jam lalu bilas. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga noda jerawat yang tampak kemerahan mulai memudar hingga jerawat tidak muncul kembali.

2. Mengobati Luka

Kalau kamu memiliki luka karena cedera, terutama pada lutut, kamu bisa mengobatinya dengan kulit pisang. Caranya dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian yang terluka. Caranya tidak jauh berbeda dengan ketika menghilangkan jerawat.

3. Mengatasi iritasi kulit, rasa gatal pada kulit, sekaligus masker

Kandungan zat antibiotik, zat anti jamur, zat pemutih dan zat antioksidan pada kulit pisang sangat ampuh untuk mengatasi iritasi pada kulit dan rasa gatal pada kulit. Caranya, kamu cukup menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit wajah hingga serat-serat pada kulit pisang menempel pada wajah. Biarkan sepanjang malam agar meresap, cuci bersih menggunakan air hangat di pagi harinya.

4. Mengobati Sakit Kepala

Kulit pisang berkhasiat untuk mengatasi sakit kepala atau migran. Cara ini sangat mudah dilakukan karena sangat sederhana, yaitu dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi. Lakukan cara ini hingga sakit kepala menghilang.

5. Memutihkan gigi

Mau gigimu lebih putih tanpa ke dokter dan jauh lebih hemat? Kamu cuma perlu kulit pisang kok. Ini juga bisa jadi solusi buat kamu yang suka minum kopi atau bahkan merokok, tentu gigimu menguning dong? Caranya, kamu cuma perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi yang berwarna gelap agar nampak putih kinclong kembali. Sama kok kayak menggosok gigi setiap pagi dan malam hari. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur kalau mau mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengobati Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk seringkali membuat bengkak dan rasa sakit pada kulit. Nah, untuk mengatasinya, potong kecil – kecil kulit pisang lalu tempelkan pada kulit dan diamkan kurang lebih 15 menit setelah itu cuci dengan air bersih. Cara ini juga dapat mengurangi bekas dari gigitan nyamuknya loh.

7. Mengkilapkan Sepatu

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh saja, kulit pisang bahkan bermanfaat untuk mengkilapkan sepatu. Sepatumu yang sudah kusam dapat kembali lagi mengkilap seperti baru beli. caranya, cukup menggosokkan kulit pisang pada sepatu seperti menggunakan semir sepatu. Selain dapat di gunakan semir sepatu, kulit pisang juga dapat mengkilapkan benda atau alat dapur yang terbuat dari logam.

Banyak kan ternyata manfaatnya dari kulit pisang? Jadi sekarang, sehabis makan pisang sebelum dibuang ya kamu manfaatin dulu deh kulitnya.