Lakukan 5 Hal Ini Saat Menggunakan Softlens

Lakukan 5 Hal Ini Saat Menggunakan Softlens. Alat kecil yang digunakan di mata ini tadinya berfungsi untuk membantu orang-orang yang memiliki masalah penglihatan agar lebih nyaman tanpa kacamata. Namun, semakin ke sini trend lensa kontak atau softlense menjadi bukan hanya untuk para penderita gangguan mata saja. Kamu yang tidak mengalami minus / cilinder pun bisa menggunakannya. Softlens telah hadir dengan berbagai varian bagi siapapun. Faktanya, belum banyak mungkin orang yang mengetahui cara menggunakan softlense secara bijak.

1. Mencuci Langsung dengan Air Biasa

Saat kamu memakai softlens, kamu tidak boleh mencuci muka, renang, dan mandi tanpa melepas softlens-mu terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena air keran atau air biasa tidak memilki kandungan yang sama dengan air matamu. Karena itu, yang ditakutkan adalah softlens justru menyerap air dan menggelembung.

Selain itu, air biasa yang meskipun aman untuk diminum juga tidak dapat terjamin bebas dari mikroorganisme. Karena bisa menyebabkan kornea matamu terinfeksi!

2. Menggunakan Air Perendam yang Sama

Kalau kamu memakai air perendam berulangkali, itu artinya sama saja kamu sengaja membuat mata infeksi. Karena adanya bakteria. Air perendam yang telah kamu gunakan sebelumnya telah mengandung bakteri yang berasal dari softlens sebelumnya. Jadi, bukannya membersihkan, kamu malah mengumpulkan bakteri ke softlens kamu lagi.

3. Menutup Case Softlens Sebelum Kering

Cara terbaik untuk mencuci softlens adalah mencucinya dengan air perendam khusus dan bukan air biasa. Setelah itu kamu bisa menunggu case softlens mengering terlebih dahulu atau melapnya dengan tisu bersih. Pokoknya, pastikan case soflens kering sebelum kamu menyimpan soflens ke dalam dan menutupnya.

4. Tidak Mengganti Case Softlens Dalam Waktu yang Lama

Coba ingat sudah berapa lama kamu memakai tempat softlens yang sama? Kalau kira-kira kamu sudah menggunakannya lebih dari tiga bulan cepat ganti dengan yang baru yah! Karena tempat softlense yang sudah dikenakan selama lebih dari tiga bulan biasanya sudah tidak efektif untuk melindungi dari bakteri.

5. Sembarangan Memilih Merk Air Perendam Softlens

Jangan ambil resiko dengan memilih merk air perendam softlens sembarangan yah! Memilih atau berganti-ganti air perendam softlens dengan sembarangan bisa menyebabkan alergi, iritasi dan mata kering. Gunakanlah merk yang memang sudah terpercaya kualitasnya.

 

Akan lebih baik lagi jika kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata untuk mengetahui merk apa yang paling sesuai dengan matamu.

 

Nah, mulai sekarang kamu harus perhatikan hal-hal di atas. Ga lucu dong kalau malah jadi “luka” matanya cuma karena ga cermat menggunakan softlense.