Makan Coklat Menyebabkan Jerawat. Fakta atau Mitos?

Jerawat merupakan musuh bebuyutan yang selalu menghantui para remaja. Benjolan kecil di muka tersebut selain membuat pemiliknya tidak percaya diri, juga menjadi target menguntungkan bagi produsen perawatan wajah. Banyak mitos yang beredar seputar penyebabnya. Namun, benarkah mengkonsumsi coklat pasti membuat wajah jerawatan?

Ternyata, penyebab utama terjadinya jerawat adalah perubahan hormon pada tubuh, sesuatu yang pasti dialami remaja ketika masa puber. Lalu, bagaimana dengan orang yang telah melalui masa puber tetapi masih juga jerawatan? Hal ini terkait dengan tingkat stress yang dialaminya. Semakin stress maka semakin parah jerawatnya.

Coklat ternyata tidak terbukti dapat menyebabkan jerawat, seperti yang dibuktikan oleh peneliti dari University of Pennsylvania dan U.S. Naval Academy. Makanan berlemak yang dicap sebagai penyebab jerawat juga tidak terbukti bersalah, seperti kentang goreng, ayam goreng, atau keripik kentang. Memang tidak membuat jerawatan, tetapi terlalu banyak jelas dapat membuat obesitas!