Mandi Terlalu Sering bisa Berbahaya Buat Tubuh

 

Mandi terlalu sering bisa berbahaya buat tubuh. Faktanya, mandi itu bertujuan untuk membersihkan tubuh kita. Kalau kamu beranggapan semakin sering kamu mandi, maka semakin bersih badanmu kamu salah. Faktanya mandi terlalu sering akan memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuhmu.

Menurut Genetic Science Centre di University of Utah, keadaan tubuh yang terlalu bersih justru akan merusak mikrobiota manusia, yakni sekumpulan bakteri, virus dan makroba yang dibutuhkan tubuh kita (bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan). Para peneliti juga menyebutkan kalau ekosistem bakteri tadi terganggu maka tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit. Termasuk diantaranya mengganggu sistem kekebalan tubuh, pencernaan, dan kerja jantung. Disamping kondisi badan yang ‘terlalu bersih’, penggunaan sabun dan sampo yang berbahan kimia terlalu sering juga akan membunuh bakteri baik ini.

Kalau kamu terbiasa mandi dengan air hangat, kamu harus mulai belajar mandi dengan air dingin deh. Penyakit flu dan infeksi justru bisa dicegah oleh air dingin yang mengaliri tubuhmu. Hal ini diketahui berdasar riset dan eksperimen efek air dingin pada tubuh para atlet muda. Setelah mereka mandi air dingin dengan suhu 14 derajat celsius setiap 3-6 kali dalam seminggu, peredaran sel darah putih dalam tubuh mereka meningkat hingga dua kali lipat, pun begitu dengan metabolismenya. Kulit dan rambutmu juga akan sehat, termasuk meningkatkan kesuburan.

Ternyata juga terdapat tiga waktu ‘khusus’ dimana kamu tidak disarankan untuk mandi. Pertama, sekitar pukul 18.00-19.00. Dalam rentang waktu tersebut ternyata kondisi jantung manusia melemah. Jadi terdapat risiko terserang penyakit paru-paru basah jika kamu terbiasa mandi di jam-jam itu. Sementara kalau mandi pukul 20.00-24.00, jantung tidak akan siap menerima air dengan suhu dingin. Seharusnya pada waktu itu jantung sudah saatnya beristirahat setelah seharian beraktivitas. Kalau dipaksa maka kamu terpapar risiko gangguan jantung dan reumatik. Terakhir, saat sore sekitar pukul 15.00-16.00. Di jam-jam tersebut, darah dalam tubuh manusia ditemukan dalam keadaan panas. Maka dari itu jika kamu menurunkan suhu secara drastis dengan mandi, tubuhmu justru akan terasa lemas.

Nah, kalau mau bersih kamu harus mengetahui fakta-fakta di atas tersebut yah, bukan hanya sering-sering mandi.