Mengenal Hari Diskon Black Friday

Mengenal Hari Diskon Black Friday. Bagi yang suka belanja, barang diskon tentu menjadi incaran banyak orang. Dari harga yang tinggi tiba-tiba turun sangat rendah, siapa yang tidak menginginkan barang diskon. Di Indonesia, kita juga sering melihat musim-musim diskon di beberapa tempat belanja, yang biasanya hadir menjelang liburan. Untuk toko-toko online, kita mengenalnya dengan sebutan Harbolnas, atau hari belanja online nasional.

Di luar negeri, ada satu hari di mana banyak toko yang berani memberikan diskon gila-gilaan untuk para pembeli. Hari tersebut dikenal dengan sebutan Black Friday. Black Friday merupakan hari dimulainya musim belanja nasional. Biasanya, Black Friday dilaksanakan sehari setelah perayaan Thanksgiving, yang jatuh pada hari Kamis keempat bulan November.

Meski sekarang dikenal sebagai hari diskon, istilah Black Friday sendiri pada awalnya digunakan untuk krisis eknomi yang menerpa Amerika Serikat. Pada tahun 1869, harga emas di Amerika turun secara drastis. Dua orang pemodal dari Wall Street membeli emas sebanyak-banyaknya, berharap harga emas akan naik dan mereka akan mendapatkan keuntungan. Namun, cerita konspirasi yang terjadi pada hari Jumat itu tersebar dan membuat pemegang saham Wall Street bangkrut.

Cerita mengenai Black Friday memang banyak dan unik. Ada cerita tentang beberapa toko yang dalam suatu tahun masih merugi (berada di garis merah), dan sehari setelah perayaan Thanksgiving penjualan mereka bertambah dan akhirnya mendapat keuntungan (berada di garis hitam). Ada juga cerita tentang polisi-polisi di Philadelphia yang kesusahan menjaga keramaian yang membludak dan terpaksa lembur pada hari Jumatnya.

Black Friday ­juga dikenal dengan keributan dan kekacauan yang biasanya terjadi. Orang-orang yang berebut barang diskonan tak jarang mendapatkan luka kecil atau serius karena berdesak-desakan dan saling dorong. Di tahun 2008, seorang staf Wal-Mart meninggal akibat terinjak pembeli yang berbondong-bondong masuk untuk mengincar barang diskon.

Tertarik dengan Black Friday? Siapkan badan dan dompetmu untuk membeli barang setengah harga.