Misteri di Balik Sosok Jack the Ripper

Misteri di Balik Sosok Jack the Ripper. Kejahatan pembunuhan terjadi di seluruh belahan dunia. Ada yang pelakunya langsung ditangkap dan ada juga di beberapa kasus pelakunya tidak dapat ditangkap. Salah satu kasus pembunuhan yang hingga saat ini dianggap belum ditemukan pelakunya dalah kasus Jack the Ripper, atau Jack si Pencabik. Kasus Ripper ini terkenal di seantero dunia dan beberapa peneliti serta detektif memberikan beragam teori mengenai Jack.

Jack the Ripper sendiri adalah sebutan bagi pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di kawasan distrik Whitechapel, London, Inggris, pada tahun 1888. Nama Jack the Ripper diambil dari nama pengirim surat yang mengaku sebagai pelaku kasus tersebut.

Pembunuhan yang dilakukan oleh Jack the Ripper tergolong sadis. Modus operasi Ripper adalah memotong leher kemudian memutilasi isi perut korbanya. Karena mutilasi inilah banyak orang beranggapan bahwa Ripper memiliki pengetahuan anatomi atau bedah. Korban-korban Jack the Ripper biasanya perempuan tunasusila.

Hanya ada lima korban Ripper yang diketahui oleh publik. Mereka adalah Mary Ann Nichols, Annie Chapman, Elizabeth Stride, Catherine Eddowes dan Mary Jane Kelly. Mary ditemukan dengan dua luka sayat di bagian leher dan perut dirobek, diduga menggunakan pisau yang sama. Kondisi Annie hampir sama dengan Mary. Bedanya, rahim Annie diketahui telah dimabil dari perutnya. Korban-korban berikutnya pun juga sama. Dua sayatan di leher dan isi perutnya ada yang diambil. Rumor yang berkembang, korban Ripper tidak hanya lima perempuan itu, tetapi lebih banyak lagi, bahkan hingga 100 korban.

Teori-teori dan karya-karya mulai bermunculan setelah kasusnya mulai terkenal. Salah seorang detektif bahkan mengaku mengetahui siapa Ripper sesungguhnya lewat pemeriksaan darah yang menempel pada selendang salah satu korban.

Kalian boleh percaya dan boleh tidak, yang jelas kasus Jack the Ripper adalah kasus pembunuhan berantai yang unik dan misterius hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *