Nama Makanan Manis untuk OS Android

Nama Makanan Manis untuk OS Android. Penggunaan ponsel seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia saat ini. Berbagai macam jenis ponsel yang digunakan pun tidak akan lepas dari sistem operasinya (OS). Salah satu OS yang dikenal banyak digunakan ialah “Android”. Bagi kamu para pengguna ponsel ber-OS android, apakah kamu menyadari kalau penamaan seri-seri di android namanya mengambil dari nama makanan? Seperti OS terakhir yang baru saja dirilis, yakni OS Oreo.

OS yang dikelola oleh Google ini memang cenderung unik. Penamaannya bukan berdasarkan angka saja, namun juga terdapat nama makanan di depannya. Sebenarnya, Google tidak pernah secara jelas menjelaskan alasannya, karena menurut mereka hal tersebut ialah urusan tim.

Beberapa tahun lalu, saat Google merilis OS Android Kitkat, perwakilan Google menjelaskan sedikit tentang alasan kenapa nama OS Android namanya diambil dari nama makanan. Dia menjelaskan bahwa Android adalah sistem operasi yang digunakan orang lebih dari 1 miliar di dunia untuk smartphone dan tablet. Dan pemilihan KitKat pada saat itu ialah karena banyak orang menyukai cokelat, dan salah satu favoritnya ialah KitKat. Menurut pihak Google, Android membuat hidup kita menjadi lebih manis. Oleh karena itu, alasan tersebut sangat masuk akal jika tujuan Google menggunakan nama tersebut ialah agar terlihat unik namun tetap mudah diingat.

Tidak sembarang nama makanan yang disandang oleh sistem operasi Android, namun Google selalu memilih nama camilan manis untuk sistem operasi Android.

Selain menggunakan nama camilan manis, OS Android juga selalu dinamakan sesuai dengan urutan abjad. Dari versi awal bernama Cupcake (C), Donut (D), Eclair (E), Froyo (F), Gingerbread (G), HoneyComb (H), Ice Cream (I), Jelly Bean (J), KitKat (K), Lollipop (L), Marshmallow (M), Nougat (N), dan baru-baru ini yang terakhir ialah Oreo (O).

Kamu tentu akan bertanya kalau berdasarkan abjad, kenapa tidak ada hurud A dan B? Untuk versi A dan B atau versi Alpha dan Beta memang belum diberi kode nama tertentu, kode nama pada Android di mulai pada versi Android 1.5 Cupcake yang rilis pada tahun 2009. Menurut Jean-Baptiste Queru yang merupakan salah satu pengembang Sistem Android, versi Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali. Kecuali pada versi 1.1 diberikan kode nama Petit Four yang tidak berurutan secara alfabetis.

Adapun daftar nama-nama sistem operasi Android dari masa ke masa ialah:

Android 1.5: Cupcake

Android 1.6: Donut

Android 2.0: Eclair

Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)

Android 2.3: Gingerbread

Android 3.0: Honeycomb

Android 4.0: Ice Cream Sandwich

Android 4.1: Jelly Bean

Android 4.4: KitKat

Android 5.0: Lollipop

Android 6.0: Marshmallow

Android 7.0: Nougat

Android 8.0: Oreo

Kenapa Google tidak menggunakan nama hewan seperti Apple yang menamai MacOS-nya ya? Mungkin karena Google ingin para teknisi merasakan manisnya kesuksesan dari setiap sistem operasi yang berhasil mereka kembangkan. Sebagai akhiran yang manis seperti halnya makanan pencuci mulut yang disajikan di akhir bukan?

Setiap nama-nama makanan dari versi Android ini bahkan dibuat patungnya sendiri yang dipajang di Googleplex, kantor pusat Google loh!

 

Berikut ini Android Oreo, sebagai OS Android terbaru: