Narezushi, Jenis Sushi Pertama Jepang

Narezushi, Jenis Sushi Pertama Jepang. Sushi adalah makanan khas dari Jepang. Beberapa orang di Indonesia juga menyukai makanan yang satu ini. Berjalan-jalan di mall, kalian akan menemui restoran-restoran yang menyajikan sushi, misalnya Sushi Tei, Sushi Masa, Genki Sushi dll. Tapi, tahukah kalian kalau sushi pertama yang dibuat bukanlah sushi yang kalian makan sekarang ini?

Yup, perkenalkan, “Narezushi”. Narezushi adalah sushi paling primitif di Jepang dan terbuat dari fermentasi ikan yang diawetkan dengan nasi. Banyak orang-orang sana yang menyukai sushi jenis ini, namun ternyata, narezushi ini memiliki aroma yang sangat kuat. Narezushi menjadi makanan pokok dan sumber protein bagi orang-orang yang tinggal di sekitar Danau Biwa.

Mau tahu cara membuatnya? Pertama, awetkan ikan dengan garam sampai kering selama beberapa bulan. Kemudian, campurkan dengan nasi lalu fermentasikan kembali. Ikan yang difermentasikan ini ada yang didiamkan selama berbulan-bulan dan ada juga yang dibiarkan selama puluhan tahun.

Bagaimana dengan cara penyajiannya? Di Jepang, narezushi biasanya dijual dalam bentuk satu ikan utuh. Memakan narezushi bisa dengan menggunakan saus bernama goopy atau bisa juga dengan yogurt. Biasanya, narezushi akan diiris tipis dan disajikan di atas sebuah nasi hangat, atau bisa juga disajikan bersama bubur dan teh panas, serta bisa juga digoreng. Menyantap narezushi biasanya dilakukan secara perlahan dan kalian bisa memakannya bersama secangkir sake atau segelas wine.

Penasaran dengan rasanya? Narezushi sendiri memiliki aroma seperti limbah. Sushi ini juga memiliki rasa asam yang amat sangat kuat.

Jika kalian ingin mencicipinya, kalian bisa berkunjung ke Jepang dan berkunjung ke daerah Danau Biwa. Di sana, narezushi sangat mudah ditemukan.

Tertarik mencoba narezushi?