Negara-negara Dingin di Dunia

Negara-negara Dingin di Dunia. Di Indonesia yang beriklim tropis ini tentu kamu tidak akan menemukan salju seperti di negara 4 musim. Namun, buat kamu khususnya yang tidak kuat dingin namun tetap ingin merasakan salju, ada baiknya kamu mengetahui dulu apakah lokasi yang kamu kunjungi terlalu dingin untukmu? Dan di mana saja negara-negara bersuhu dingin ketika musim salju serta berapa suhunya? Berikut ini adalah 5 negara yang suhu ketika musim dinginnya minus dengan rata-rata 40 derajat.

1. Islandia

Negara yang didirikan oleh bangsa Viking (Skandinavia) ini memiliki suhu udara yang tidak terduga. Di mana kadang dapat menjadi negara dengan suhu udara yang hangat akibat aliran udara Gulf Stream, tapi bila ada tabrakan antara Gulf Stream dengan udara Arktik, maka cuaca disana menjadi tidak terduga.

Rata-rata suhu udara terdingin di Islandia ini antara -20 derajat Celcius hingga -30 derajat Celcius, dan bisa juga mencapai -40 derajat Celcius bila cuaca tidak beranjak dari titik beku. Namun di bagian selatan negara ini lebih hangat dibanding bagian utaranya.

2. Rusia

Di Rusia, musim dingin lebih lama dibanding dengan musim panasnya. Salju dan hujan akan turun dalam waktu lebih lama, sekitar 8 bulan tiap tahunnya. Suhu udara terendah bisa mencapai -40 derajat Celcius pada musim dingin dan -30 derajat Celcius pada musim panas.

Tempat terdingin di negara ini ada di Verkhoyansk, karena di beberapa daerahnya menerima sinar matahari hanya kurang lebih 2 bulan tiap tahunnya. Untuk bertahan dari udara dingin ini, orang Rusia selalu mengenakan mantel dan topi bulu saat bepergian. Ditambah lagi mereka juga sering meminum minuman Vodka untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat.

3. Kanada

Kanada dikenal dengan negara yang banyak kotanya yang terletak di lingkaran Kutub Utara dan hanya sedikit mendapat sinar matahari. Musim dingin di negara ini cukup lama yaitu berlangsung selama 5 bulan dengan suhu terendah bisa mencapai -40 derajat Celcius.

Suhu udara di negara ini memang sering digambarkan seperti sebuah zona pertempuran udara dingin dari Kutub Utara dan udara hangat dan lembab dari selatan. Dari selatan, wilayah Kanada membentang secara paralel yang menyebabkan negara tersebut menjadi dingin dan sering diselimuti salju.

4. Finlandia

Finlandia memiliki musim salju terdingin di dunia dengan suhu udara terendah bisa mencapai -45 derajat Celcus. Walaupun begitu negara yang terletak di antara Rusia, Swedia dan Norwegia ini juga memiliki musim panas yang hangat.

Tapi dibagian paling utara negara ini, matahari hampir tidak pernah muncul di atas cakrawala selama 2 bulan penuh. Bahkan matahari akan muncul kurang lebih 6 jam saja pada pertengahan musim dingin.

5. Antartika

Tidak diragukan lagi Antartika adalah tempat terdingin yang ada di dunia ini. Karena tidak menerima sinar matahari sepanjang tahun, membuat Antartika diselimuti lempengan es dan air di bawahnya, akibatnya wilayah ini memiliki suhu dingin paling ekstrim di dunia.

Walaupun Antartika dikenal sebagai tempat terdingin di dunia dengan suhu terendah yang pernah mencapai -89 derajat Celcius, tapi faktanya wilayah Antartika termasuk sebuah gurun terluas di dunia, tepatnya gurun kutub dengan udara yang sangat kering dan curah hujan hanya 2.6 milimeter tiap tahunnya.